Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Shalwa dan Tim menjuarai Lomba English Podcast Tingkat Kabupaten Alor NTT - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Shalwa dan Tim menjuarai Lomba English Podcast Tingkat Kabupaten Alor NTT


MAN Alor (Humas)
| Sufira Masang, Shalwa Kia,
dan Ghaitsa Faraliyah |
 
 – Assalamualaikum Sahabat Madrasah.., Siswa Siswi 
MAN Alor, Maulayya Shalwaa Al Fajry Kia (Shalwaa Kia) bersama timnya berhasil juara 1 dalam lomba English Podcast yang diikuti pelajar SMA/MA sederajat se-Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Lomba bergengsi ini yang diselenggarkan oleh Universitas Tribuana Kalabahi secara daring pada 28 Oktober 2021 di Kalabahi, Kabupaten Alor ini diikuti oleh siswa-siswi SMA/MA/SMK se Kabupaten Alor.

Pada momentum lomba ini, MAN Alor mengirimkan dua tim podcast yaitu Tim A dan Tim B. Masing-masing tim terdiri dari empat orang. Shalwa Kia menjadi salah satu personil Tim A yang berhasil meraih juara 1.

Sedangkan Tim B menempati juara kedua. MAN Alor berhasil menyisihkan peserta dari sekolah lainnya dan memboyong dua piala sekaligus.

Selain Shalwa personil lainnya adalah  Sufira Masang, Ghaitsa Faraliyah, Muhammad Ardiyansah Amin, Fitriah Ainun Herawati Bay, Rorry Adhiputra Mulle, Nadia Ridwan dan Dwimas Januari Setiawan.

Shalwaa dan Tim dalam podcastnya berbicara tentang hubungan bahasa dan budaya sebagai identitas bangsa menghadapi era modernisasi. 

"Sebagai generasi muda wajib untuk memelihara nilai-nilai kebangsaan untuk mempertahankan budaya lokal," ujarnya.

"Generasi muda boleh menyukai hal baru, mengikuti trend yang sedang berkembang, namun tidak berarti melupakan budaya milik bangsa sendiri, yaitu bangsa Indonesia," tambahnya.

Shalwa memulai belajar bahasa Inggris sejak duduk di bangku SD, SD Bani Hasyim, Singosari, Kabupaten Malang. Shalwaa Kia sudah menjalani test TOEFL untuk pertama kalinya pada kelas 6 SD di Universitas Merdeka, Malang dengan Equivalent Score 695 pada level Progressing.

Bagi Shalwaa, lomba English Podcast tingkat SMA/MA/ Sederajat ini merupakan lomba bidang bahasa yang pertama karena Shalwaa baru tercatat sebagai siswi kelas X pada MAN Alor. Hal ini menambah deretan torehan prestasi yang di raih oleh MAN Alor, yang selalu aktif mengambil bagian dalam berbagai event dan banyak merebut juara.

Dalam kesehariannya di MAN Alor, Shalwa dan seluruh tim dibimbing oleh dua pembina English Club MAN Aloryakni Rizaldi Abbas Nampira, S.Pd dan Sumardin Kemang, S.Pd. Sebagai guru pendamping, keduanya menilai selama melatih para siswa, mereka mempunyai potensi dan skill Bahasa Inggris yang baik.

"Para siswa siswi MAN Alor ini telah mengikuti berbagai macam perlombaan antara lain public speaking, speech dan debate competition," jelasnya.

Prestasi ini menjadi bukti bahwa anak-anak madrasah memiliki kualitas yang patut dibanggakan. Prestasi ini pun akan menjadi sebuah motivasi bagi seluruh peserta didik Madrasah khususnya MAN Alor untuk terus berupaya mengembangkan kompetesi diri melalui berbagai event kompetisi, baik tingkat Kabupaten Alor, Provinsi NTT hingga tingkat nasional.

Nah.., bagi adik.adik yang ingin mendalami komunikasi Bahasa Inggris, ayo datang dan bergabung bersama Englis Club MAN Alor. Demikian info Madrasah kali ini, semoga bermanfaat, wassalamualaikum wr.wb.  


Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.