Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Website Mata Pelajaran sebagai Sarana Literasi Digital - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Website Mata Pelajaran sebagai Sarana Literasi Digital

| Bmte Pembuatank Website |
MAN Alor (Humas) – MAN Alor menggelar Kegiatan Pelatihan dan Pembuatan Blok untuk Guru sebagai Media Pembelajaran Selasa (13/07/2022), di pelataran gedung koperasi MAN Alor. Dalam kegiatan ini, Kepala Madrasah (Kamad) Aliyah Negeri Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis, SH., bekerja sama dengan Kepala Seksi Pendidikan Islam  (Kasi Pendis) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Alor, Drs. Mansur B Samma, membangun sinergitas dalam aksi program sistem pembelajaran terigritasi melalui pemanfaatan website/blog untuk guru mata pelajaran sebagai Media Komunikasi, Media Pembelajaran dan Sarana Literasi Digital guru dan siswa Madrasah Aliyah Negeri Alor Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Alor, Drs. Mansur Bakri Samah, M.Pd dalam sambutannya mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini, dan berharap agar kegiatan seperti ini sering dilaksanakan karena merupakan salah satu agenda Kementerian Agama baik pusat maupun daerah.

Kasi Pendis menambahkan, pada prinsipnya mengarah pada perjanjian kinerja yang terdiri dari beberapa program termasuk Moderasi Beragama, Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah dan Pengembangan system  E-Pembelajaran. Hal ini merupakan tanggung jawab kita untuk dikawal secara bersama baik dari sisi program dan pelaksanaannya maupun dari sisi evaluasi dan hasilnya. Guru memiliki peran penting dalam pemanfaatan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas dan tentunya hal ini membutuhkan kesiapan dan kemampuan dari guru dan siswa termasuk sarana pendukung lainnya yang ada di Madrasah. Menjadi sebuah harapan besar agar MAN Alor dapat mengambil bagian dalam seluruh ajang Kompertisi yang diserlenggarakan baik itu KSM, OSN dan MYRES.

Akhir arahan, Kasi Pendis menitip salam, “Saya tunggu peserta Olimpiade asal MAN Alor dan saya bersedia menjadi pembimbing jika diberikan amanah oleh Kepala Madrasah,” harap Mansur Bakri.

Kesempatanyang sama Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Azis Kammis, SH. yang juga merupakan penggagas sekaligus sebagai tutor dalam program ini, menyampaikan bahwa pemanfaatan Teknologi Infromasi dan Komunikasi dalam pembelajaran dengan memanfaatkan internet diakses dengan menggunakan Komputer dan berbagai gadget seperti handphone dan tablet, sejatinya adalah untuk meningkatkan kemampuan pedagogik guru sehingga bisa berintegrasi dengan perkembangan teknologi.

Kamad, juga menambahkan, Pemanfaatan Website/Blog dalam mendukung Pembelajaran di Madrasah  juga merupakan suatu bentuk upaya untuk merangsang keinginan siswa untuk belajar, selain itu web/blog juga bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari EDM/MBS. Hal ini dikarenakan Blog sebagai salah satu aplikasi internet juga merupakan salah satu media pendidikan yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh informasi. Karena blog bersifat online maka diharapkan para murid dapat mengakses pelajaran tanpa dibatasi ruang dan waktu, begitu pula orang tua/wali, dapat memantau aktivitas pembelajaran Madrasah.

Kegiatan pelatihan dimulai pada pukul 09.00 dan diakhiri pada pukul 12.00 WIT,  dengan menggunakan metode presentasi dan diskusi interaktif, sehingga memungkinkan peserta tidak hanya menyimak namun juga dapat mempraktekkan materi pembelajaran. Pada akhir sesi, peserta yang sudah berhasil membuat blog diminta menuliskan alamat blog kemudian memposting tulisan berupa Materi Pembelajaran, Artikel atau Karya Ilmiah kemudian mengupload file gambar/video yang terkait dengan Pendidikan.  **

Penulis: Sogo/Sam

Foto    : Sogo/Sam

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.