Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Raina Aaqilah Lazmi, Lolos Seleksi Nasional Duta Maritim Indonesia - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Raina Aaqilah Lazmi, Lolos Seleksi Nasional Duta Maritim Indonesia

| Duta Maritim Indonesia |
MAN Alor (Humas). Raina Aaqilah Lazmi, siswa kelas XII IPA Madrasah Aliyah Negeri Alor berhasil lolos pada seleksi Duta Maritim Indonesia (DMI) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Derah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO).

Kegiatan  lomba yang sarat akan nuansa wisata ini, ternyata menyedot perhatian dari berbagai kalangan, baik dari kalangan pelajar, mahasiswa hingga pada kalangan profesional yang berusia 16 sampai dengan 25 tahun dari berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam seleksi Duta Maritim Indonesia (DMI) ini, selain memberikan kriteria umum, panitia penyelenggara juaga menyodorkan sejumlah persyaratan administrasi yang cukup ketat, mulai dari mengunggah Kartu Identitas Peserta dan pas foto, para peserta juga diminta untuk mengunggah sertifikat prestasi dan surat pernyataan, membuat lembar motivasi dan mengunggah Video Vlog yang berdurasi 5 sampai 10 menit, dengan tema : “Kita Pemuda, Kita Maritim” dan pada tahap akhir adalah wawancara terhadap para peserta melalui zoom meeting.

Berdasarkan jadwal, kegiatan ini dilakukan melalui  beberapa tahapan, dari tahap registrasi dan pengiriman video yang dilaksanakan pada tanggal 25 Juni sampai dengan tanggal 18 Juli, tahap seleksi peserta pada tanggal 18 sampai dengan tanggal 27 Juli dan pengumuman hasil seleksi pada tanggal 28 Juli 2022.

Atas dasar semangat dan motivasi yang tinggi serta keikhlasan yang sungguh, Sumardin Kemang, S.Pd dan Rizaldi A Nampira, S.Pd  selaku guru pembimbing, yang juga merupakan pengurus Englih Club MAN Alor, dan pernah membimbing siswa hinnga meraih juara 1 pada lomba debat bahasa inggris tingkat SMA/MA yang diselenggarakan oleh Universitas Tribuana Kalabahi Alor, senantiasa setia mendampingi ananda Reina A Lazmi dalam proses bimbingan hingga pada saat perlombaan. geliat dari sang guru pembimbing dan peserta DMI ini, tidak dapat diukur dengan sesuatu dan tidak juga mengharapkan sesuatu.

Proses pembuatan videopun dilakukan dan diperoleh dari pencarian informasi dan mengunjungi obyek wisata laut yang kaya akan keindahan alamnya, hingga mendatangi tempat-tempat penangkapan dan pelelangan ikan secara manual dan tradisional baik di daerah pantai, di pasar, dan di desa maupun di kota sekaligus melakukan wawancara terhadap mereka.

Adapun hasil wawancara yang diperoleh dapat diatur dalam video dengan ketrentuan sebagai berikut : Pertama, memperlihatkan atau menceritakan tentang pelelangan ikan di daerah masing-masing, Kedua, menjelaskan harga ikan di daerah masing-masing, Ketiga, memberitahu jumlah rata-rata penagkapan ikan dan Keempat, memperlihatkan cara pemotongan ikan besar khas daerah masing-masing dan video tersebut dikirim melalui Email : id utamaritim@gmail.com.

Alhasil, peserta atas nama Raina Aaqilah Lazmi, siswa kelas XII asal MAN Alor ini dinyatakan lolos dan berhak mengikuti sekolah Duta Maritim Indonesia (DMI) oleh ASPEKSINDO pada tanggal 10 sampai dengan 16 Agustus 2022 di Jakarta sekaligus mengikuti upacara bendera  pada HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus  mendatang.

Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis, SH mengapresiasi atas sebuah persembahan dari ananda Raina Aaqilah Lazmi terhadap Madrasah NTT  yang telah berhasil mengukir prestasi dengan tinta emasnya dalam sejarah perjalanan Madrasah.

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya juga disampaikan kepada guru pembimbing dan Ibu Diah Arum, S.S, M.Pd, C.ST (Staf ahli Aspeksindo) serta seluruh keluarga besar Madrasah NTT atas do’a dan dukungannya yang tulus dan ikhlas selama proses ini berlangsung. Semoga Allah SWT senantiasa memerikan imbalan atas semua ini sekaligus tetap menjaga komitmen kita bersama untuk selalu bersinergi dalam menjaga eksistensi dan marwah Madrasah sebagai Madrasah yang Mandiri dan Berprestasi, tegas Hadi Kammis.***

Penulis dan foto : Sogo/Kadar/Fadil

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.