Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Kakankemenag Alor: Kontrak Prestasi Menuntut Para Kamad untuk Berprestasi - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Kakankemenag Alor: Kontrak Prestasi Menuntut Para Kamad untuk Berprestasi

| Kakan Kemenag Alor |
MAN Alor (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Alor, Awaluddin Husain,S.Ag, memberikan sambutan pada acara Grand Launching Program Unggulan MAN Alor, di aula koperasi MAN Alor, Senin (6/3/2023).

Pada sambutannya, beliau menegaskan bahwa Kontrak Prestasi menuntut para Kepala Madrasah (Kamad) untuk bekerja bukan karena rutinitas tapi harus menunjukkan prestasi kerja. Kontrak kerja ini menuntut Kamad untuk berprestasi.

Kakankemenag menyampaikan, kontrak prestasi merupakan sebuah program inovatif yang digagas oleh Bidang Pendidikan Islam Kantor Wilah Kementerian Agama Provinsi NTT dan menjadi perjanjian kerja yang dibuat dan yang wajib dilaksanakan oleh semua kepala Madrasah.  Programini merupakan langka positif guna menilai progres kinerja Kepala Madrasah selama memimpin sebuah lembaga pendidikan.

"Para Kepala Madrasah telah melakukan kontrak prestasi beberapa waktu lalu di Ende. ini adalah sebuah loncatan yang dilakukan bidang Pendis. Kepala Madrasah harus menunjukan prestasi selama dua tahun ke depan. jika target prestasi  ini tidak tercapai maka konsekuansinya adalah para kepala Masdrasah harus kembali menjadi guru profesional," ungkapnya.

"Saya berharap agar apa yang dilakukan oleh Kepala Madrasah harus didukung secara utuh oleh semua guru dan tenaga pendidikan yang ada di lembaga pendidikan tersebut. seorang Kepala Madrasah yang hebat membutuhkan partner untuk meng-gol-kan semua program yang telah direncanakan," tambah Awaluddin.

Selanjutnya, Kakankemenag menerangkan bahwa yang dilakoni Bidang Pendis sesuai dengan proyeksi pendidikan pada abad 21. Ada tiga komponen mendasar dari proyeksi pendidikan yaitu komponen karakter, komponen kompetensi dan komponen literasi, yang telah dilakukan Bidang Pendis menjawab komponen kompetensi.

"Ada empat hal dalam komponen kompetensi yaitu kreatifitas, inovasi, komunikatif dan kolaboratif. Poin-poin ini menjadi jawaban bagi Bapak-Ibu guru termasuk Kepala Madrasah dalam menjabarkan setiap tugas dan fungsi guna membangun lembaga pendidikan khususnya Madrasah ke tingkat yang lebih baik," lanjut Kakankemenag. 

Akhir sambutan, Kakankemenag berpesan agar guru, tenaga kependidikan dan siswa-siswi bersama-sama membantu Kepala Madrasah untuk mewujudkan prestasi dari masing-masing Madrasah. Perbedaan pendapat dan pandangan merupakan dinamika organisasi yang tidak bisa dipungkiri namun akan membuat semakin kuat, maju dan kokoh bukan sebaliknya.

Kegiatan Lanching Program Unggulan MAN Alor ini diisi dengan Atraksi Robotik dari Tim Robotika MAN Alor yang memperagakan seligus mempresentasikan hasil karya inovasi robotik yang telah diciptakan dan pemotongan Pita Kelas Tatabusana oleh Kabid Pendidikan Islam Kanwil Kemanag Pov. NTT, Drs. H. Pua Monto Umbu Nay.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Islam (Kabid Pendis) Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. NTT, Drs. H. Pua Monto Umbu Nay, Sub Koordinator pada seksi KSKK Madrasah, Muhammad Sadiq, S.Ag, Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU), Para Kepala Seksi/Penyelenggara Kantor Kemenag Kabupaten Alor Alor, Para Kepala Madrasah Negeri, guru serta murid  MAN Alor tersebut mengusung tema Wujudkan Kontrak Prestasi Madrasah. ***

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.