Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Kontributor MAN Alor Mengikuti Bimtek Kehumasan Kanwil Kemenag NTT di Kupang - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Kontributor MAN Alor Mengikuti Bimtek Kehumasan Kanwil Kemenag NTT di Kupang

| Bimtek Kehumasan |
BIMTEK PENINGKATAN KUALITAS KEHUMASAN 

HUMAS MADRASAH NTT, INFORMATIF, ADAPTIF DAN INOVATIF

Humas (MAN Alor) – Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kualitas Kehumasan, yang dilakasnakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur diikuti oleh 78 Kontributor kehumasan di seluruh satker Kementerian Agama Kanwil Kemenag NTT dari 22 Kabupaten/Kota. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, mulai hari Senin 15 Mei – Rabu 17 Mei 2023. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Sahid Timore, yang dibuka langsung Kakanwil Kemenag NTT, Reginaldus S.S. Serang S.Fil., M.Th.

Kakanwil Kemenag NTT dalam sambutannya (Senin, 15/5/2023) menuturkan ‘Peran dan fungsi Humas adalah sebagai Manajemen Leader dan Support Leader, sehingga Keberadaan Humas memiliki andil besar dalam menginformasikan kepada masyarakat dan stakeholder terkait program dan rencana kerja Kementerian Agama. Humas di seluruh satker Kementerian Agama umumnya dan  satker Kementerian Agama Kanwil Kemenag NTT khususnya memiliki tanggung jawab moril dalam upaya meningkatkan kualitas satker melalui informasi.

Dalam kaitannya dengan penyebaran informasi ini, masing-masing Kontributor Humas ditiap satker haruslah menjadi garda terdepan sumber informasi, out of the box dalam mengeksplore setiap informasi  serta terbebas dari Hoax, jangan terpengaruh apalagi membuatnya. Kakankemenag Kanwil NTT, menegaskan.

Hj. Aida Ch, selaku Ketua Panitia Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kualitas Kehumasan melalui laporan kepanitiaan menuturkan, Kegiatan Penguatan Kehumasan memiliki tujuan ; Pertama, Memberi penguatan Layanan Informasi Keagamaan dan Kehumasan Lingkup Kanwil Kemenag NTT. Kedua, Melakukan evaluasi kinerja layanan Informasi Keagamaan dan Kehumasan Lingkup Kanwil Kemenag NTT. Ketiga, Memberikan pelatihan Teknik Penulisan berita Media Kemenag NTT. Keempat, Memberikan pelatihan Teknik Phothography berita Media Kemenag NTT.

Tema kegiatan kali ini mengambil tiga kata kunci : Informatif yang bermakna selalu memberi informasi yang penting, bukan sekadar berita secara kontinyu dan selalu uptodate. Adaptif yang bermakna erat dengan semangat dan kemampuan berinovasi, kreatif, serta proaktif menghadapi perubahan. Inovatif bermakna membaharui atau bersifat pembaruan (kreasi baru), tentunya dengan harapan para kontributor Kemenag di satker NTT mampu selalu berinovasi dalam memproduksi informasi yang akan disampaikan, baik isi maupun bentuk sajiannya.

Kegiatan ini memiliki latar belakang untuk melanjutkan agenda besar Kementerian Agama dibawah komando Gus Menag H. Yaqut Cholil Qoumas, dengan terus mengikuti transformasi Digital yang dilebur dalam  7 program prioritas Kementerian Agama, dalam membawa semangat Kementerian Agama Baru, mau tidak mau, siap tidak siap harus  diimplementasikan dalam setiap pelaksanaan programnya. Kegiatan ini dihadiri seluruh pejabat eselon III lingkup Kanwil Kemenag NTT serta seluruh Subkor di Sekjen Kemenag NTT, sebagai bagian dari support untuk peningkatan kualitas pelaksana Humas di Kanwil Kemenag NTT.

Teknik Penulisan Berita Khas Kementerian Agama yang dibawakan oleh Humas Kementerian Agama RI, Indah Limy Marliani, S.Sos (Selasa, 16/5/2023) adalah materi pertama yang disajikan dalam kegiatan ini. Dalam penuturannya, Indah Limy menekankan bahwa, Madrasah dalam hal ini MA, MTs dan MI, SMAK dan MAK sebagai pelaksana pendidikan pada lingkup Kemenag, diharuskan memiliki Dedikasi, mampu berinovasi, melakukan Advokasi, melaksanakan Regulasi serta menjalankan Klarifikasi. Sehingga keberadaan Humas menjadi sangat penting, dan bukan hanya sebagai pelengkap Struktur Organisasi.

Materi selanjutnya adalah mengenai Teknik Fotografi Berita yang dilatih langsung oleh praktisi fotografi Ignasius Suryo Wibowo yang juga aktif sebagai fotografer dan konten creator. Materi ini  sangat menarik namun cukup berat, hal ini dikarenakan latar belakang Kontributor Humas selaku peserta kegiatan memiliki latar belakang pendidikan dan pekerjaan utama yang benar-benar berbeda dengan konteks materi, namun Pemateri berhasil menyajikan meteri ini secara sederhana dan bisa diterima oleh peserta Bimtek, hal ini terlihat dari antusiasme peserta Bimtek saat sesi praktikum fotografi.

Sesuai dengan Jadwal Kegaiatan, rencanya malam ini akan dilanjutkan dengan diskusi Perumusan Hasil Diskusi  serta Potret dan Evaluasi Kehumasan di Lingkup Kanwil Kemenag NTT yang akan disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag NTT, Drs. H, Ibrahim Arif. Subkor Umum dan Humas bersama Tim Humas Kanwil Kemenag NTT. (Syam)

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.