Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Hari Kedua Matsama, MAN Alor Bekali Siswa Baru Arti Penting Moderasi Beragama - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Hari Kedua Matsama, MAN Alor Bekali Siswa Baru Arti Penting Moderasi Beragama


Drs. Nurdin Abdullah 
Materi Moderasi Beragama.

MAN Alor (Humas) – Siswa baru MAN Alor dibekali materi moderasi beragama pada hari kedua pelaksanaan Matsama, Selasa (11/07/2023). Materi ini menjadi materi penting sebab implementasi moderasi beragama merupakan program prioritas nasional Kementerian Agama.

Drs. Nurdin Abdullah, tokoh agama Kabupaten Alor yang menjadi narasumber mengatakan bahwa implementasi moderasi beragama ini muncul sebagai respon terhadap fenomena sosial umat beragama yang cenderung intoleran, diskriminatif, dan anarkis.

Nurdin juga menambahkan bahwa dalam hidup di tengah keragaman seperti di Indonesia, tiap individu diharuskan memiliki sikap toleransi agar dapat tetap berdampingan. Sikap intoleransi yang terus dilakukan hanya dapat menimbulkan konflik yang berujung pada perpecahan atau keretakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Mengganggu kebebasan orang lain, baik dalam hal memilih agama, keyakinan politik, juga memaksan kehendak beragama kepada orang lain adalah contoh kecil perilaku intoleran yang tidak menjunjung nilai moderasi beragama. Oleh karena itu, moderasi beragama adalah meyakini kebenaran agama sendiri secara radikal dan menghargai, menghormati penganut agama lain yang meyakini agama mereka, tanpa harus membenarkannya,” ujar Nurdin dengan nada tegas.

Baca: Libur Sekolah Telah Usai, MAN Alor Gelar Matsama 2023

Mengakhiri materinya, Nurdin menekankan hal penting yang harus dipahami dalam moderasi beragama ialah pertama, beragama berlandaskan akhlakul kharimah. Artinya sebagai seorang muslim kita harus menunjukkan akhlak yang baik dan terpuji dalam berhubungan baik antar sesama manusia, alam semesta, dan Allah SWT. Kedua, beragama secara objektif. Artinya kita beragama secara dewasa dan menghargai perbedaan yang ada.

“Konsep moderasi beragama sejatinya mengajarkan kita untuk mengikuti prinsip-prinsip ummatan washatan, umat yang tengah-tengah. Dan untuk sampai pada pemahaman moderasi beragama maka kita harus belajar islam secara kaffah (menyeluruh). Inilah fondasi penting yang harus ditanamkan dalam diri kita” pungkas Nurdin mengakhiri materinya.

Diketahui bahwa selama berjalannya proses penyampaian materi, siswa terlihat begitu antusias dan menyimak dengan baik materi yang disampaikan. Hal ini terbukti dengan setelah pemaparan materi oleh Drs. Nurdin Abdullah, para siswa langsung mengacungkan tangan untuk memberikan pertanyaan seputar masalah-masalah moderasi beragama yang mereka jumpai dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Baca: Wawasan Wiyata Mandala | Matsama MAN Alor 2023


Moderasi Beragama | Matsama MAN Alor 2023
Moderasi Beragama | Matsama MAN Alor 2023
Moderasi Beragama | Matsama MAN Alor 2023
Moderasi Beragama | Matsama MAN Alor 2023
Moderasi Beragama | Matsama MAN Alor 2023

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.