Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Serba Serbi Euforia Peserta Didik Baru Mengikuti Matsama MAN Alor Hari Ketiga - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Serba Serbi Euforia Peserta Didik Baru Mengikuti Matsama MAN Alor Hari Ketiga

 

| Matsama MAN Alor Hari Ketiga |

Setelah melewati 2 hari pelaksanaan Matsama (10-11/2023) yang diisi dengan berbagai materi pengenalan lingkungan Madrasah, maka dihari ketiga ini kegiatan matsama diisi dengan berbagai permainan yang telah disetting oleh panitia pelaksana

Matsama hari ketiga pada Rabu (12/07/2023), peserta didik baru hadir di sekolah dengan mengenakan seragam olahraga sesuai warna setiap regu yang telah ditetapkan oleh koordinator regu masing-masing.

Seperti hari-hari sebelumnya, kegiatan diawali dengan apel pagi bersama pada pukul 07.00 WITA yang dipimpin oleh Pembina Osim, Abduh Rahim K. Hobol, S. Pd., di lapangan MAN Alor. Setelah memberikan motivasi, proyeksi dan arahan, peserta didik baru diarahkan untuk melaksanakan sholat dhuha bersama di Mushola MAN Alor, kakak pembina membantu mengarahkan 421 peserta didik baru untuk melaksanakan sholat dhuha secara bergiliran yang dilanjutkan dengan membaca Al-Quran secara bergantian dan diakhiri dengan shalawat nabi yang dipimpin oleh kakak-kakak pengurus Osim.

Agenda ini sebagai bentuk manifestasi dari visi MAN Alor yaitu “Terwujudnya generasi unggul, beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia, menguasai IPTEK, mandiri dan berwawasan lingkungan hidup”. Artinya, seluruh agenda dalam Matsama diharapkan dapat membentuk sikap, watak dan karakter peserta didik baru yang lebih baik sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Pemeriksaan kerapian khususnya pada bagian rambut peserta didik baru laki-laki yang dianggap tidak sesuai dengan standar yang berlaku di MAN Alor menjadi bagian yang tidak dilewatkan kegiatan Matsama. Pembina dibantu oleh pengurus Osim melakukan pemeriksaan kerapian mulai dari regu 1-12 secara berurutan.

Kegiatan dilanjutkan dengan aneka permainan (games) yang diikuti oleh perwakilan tiap regu diantaranya yaitu tarik tambang, masuk sarung dan kursi panas. Tumpah ruah euforia peserta didik terasa begitu hangat pada saat pelaksanaan perlombaan antar regu di Lapangan MAN Alor. Sebagai bagian dari perwakilan tiap regu yang bertanding melawan regu lainnya, sorak sorai dukungan anggota regu untuk memberi semangat pada perwakilannya tidak dapat dibendung.

Memasuki waktu Sholat Dzuhur, panitia mengakhiri kegiatan untuk kegiatan ishoma, dan permainan dimulai lagi pada pukul 13.00 WITA. Gambaran pelaksanaan Matsama hari terakhir penuh dengan euphoria 421 peserta didik baru, kakak pembina (OSIM dan UKS) serta para guru yang bertanggungjawab terhadap jalannya agenda tersebut.

Pelaksaanan kegiatan Matsama hari ketiga terdiri dari beberapa agenda yang sangat variatif guna menopang aspek spiritual dan kebugaran jasmani peserta didik baru. 

Kegiatan diakhiri dengan Upacara penutupan oleh Kepala Sanggar Seni MAN Alor, Jubair Manibuka, S.Sos.


Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.