Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Tutup MGMP, Kepala MAN Alor Harap Para Guru Terus Tingkatkan Kompetensi Diri - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Tutup MGMP, Kepala MAN Alor Harap Para Guru Terus Tingkatkan Kompetensi Diri

Penutupan MGMP MAN Alor

Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis resmi tutup kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), pada Sabtu (22/07/2023) bertempat di ruang koperasi MAN Alor. Kegiatan ini telah digelar sejak Kamis, 20 Juli 2023, dan diikuti oleh seluruh dewan guru secara khidmat.

Dalam penutupan MGMP yang sudah berlangsung selama tiga hari ini, Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis berharap para guru terus meningkatkan kompetensi dirinya.

“Dengan berakhirnya MGMP ini bukan berarti kita telah selesai dalam proses administrasi pembelajaran Bapak dan Ibu sekalian. Hasil dari kegiatan MGMP ini akan kita lihat dalam proses pembelajaran, dan akan kita benahi secara bertahap. Ini semua demi menghasilkan pembelajaran yang berkualitas,” Ujar Hadi.

Hadi menjelaskan, Kemenag kini sudah sediakan Google for education untuk menunjang proses pembelajaran. Semua ini demi meningkatkan kompetensi para guru sekaligus menambah daya kreativitas dalam menghasilkan pembelajaran yang berkualitas.

“Dari kapasitas penyimpanan, Google for education ini lebih besar kapasitasnya yakni 116 giga jika dibandingkan dengan google drive yang hanya 15 giga. Ini artinya bahwa dari segi pembelajaran berbasis digital, kita telah difasilitasi oleh Kemenag. Tinggal bagaimana kita sebagai guru memanfaatkan ini semua untuk menciptakan pembelajaran digital yang inovatif,” sambung Hadi.

Dalam penutupan MGMP ini juga Hadi menghimbau agar para wali kelas dan Wakamad Humas untuk adakan rapat rutin setiap bulannya. Pertemuan rutin ini guna membahas terkait sarana prasarana dan segala hal yang berkaitan dengan aktivitas pembelajaran peserta didik.

“Rapat rutin 35 rombongan belajar setiap bulan ini sebagai upaya kita untuk memfasilitasi suasana belajar yang nyaman bagi anak-anak kita. Ini semua tak lain dan tak bukan agar kualitas pembelajaran di MAN Alor ini tetap terjaga Bapak dan Ibu sekalian,” tegas Hadi mengakhiri sambutannya.

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi Guru Madrasah, MAN Alor Gelar MGMP

Dalam acara penutupan MGMP ini, terlihat Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis didampingi oleh Muhammad Irvan selaku Wakamad Kurikulum MAN Alor. Untuk diketahui, selama tiga hari pelaksanaan MGMP yang membahas implementasi kurikulum merdeka dan pembelajaran berbasis digital ini, para guru dibimbing dan diberikan arahan langsung oleh Wakamad Kurikulum MAN Alor.

Muhammad Irvan menjelaskan, kurikulum merdeka merupakan suatu terobosan kebijakan dari Kemdikburistek untuk menciptakan pembelajaran yang bermutu sehingga para guru sekalian diharapkan bisa mempelajari secara baik capaian pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran dari kurikulum ini yang kemudian disusun dalam satu bentuk modul ajar.

“Implementasi kurikulum merdeka terbilang baru di madrasah ini, oleh karenanya itu kompetensi kita sebagai guru diuji untuk memahami kurikulum merdeka. Harapannya, modul ajar yang sudah dibuat Bapak dan Ibu guru bisa menghasilkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif sesuai dengan semangat juga konsep dari kurikulum merdeka ini,” jelas Irvan.

Di lain pihak, Muhammad Ath Thaariq, Guru Informatika yang mengikuti kegiatan MGMP ini mengatakan, kegiatan MGMP tahun ini terbilang cukup seru dan menantang sebab para guru dibekali pengetahuan baru tentang implementasi kurikulum merdeka.

“Ini satu hal yang cukup menarik, karena selama tiga hari kegiatan MGMP ini, kita para guru langsung diarahkan membuat modul ajar sesuai konsep kurikulum merdeka. Kita sebagai guru sangat tertantang dan alhamdulillah sebelum kegiatan penutupan, para guru telah berhasil merampungkan modul ajar dan perangkat pembelajaran lainnya sesuai arahan dari Bapak Wakamad Kurikulum,” Pungkas Thaariq.

Sebagai informasi, dengan berakhirnya MGMP ini maka proses dan kegiatan pembelajaran di lingkup MAN Alor akan berlangsung normal sebagaimana mestinya mulai Senin, 24 Juli 2023 lusa.

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.