Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Kunjungi Dinas Pariwisata Alor, Siswa MAN Alor Peraih Duta Maritim Indonesia 2023 Siap Bersinergi - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Kunjungi Dinas Pariwisata Alor, Siswa MAN Alor Peraih Duta Maritim Indonesia 2023 Siap Bersinergi

Shalwaa Kia, Siswa MAN Alor Peraih Duta Maritim Indonesia 2023
MAN Alor (Humas) - Maulayya Shalwaa Alfajry Kia, siswa MAN Alor peraih juara duta maritim Indonesia berkunjung ke Dinas Pariwisata Kabupaten Alor hari ini, Rabu, (30/08/2023).

Dalam kunjungan ini, Shalwaa disambut hangat oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Alor, Ripka Jayati, S.sos., M.Si.

Pada kesempatan itu, Ripka Jayati mengatakan tentang rasa bangganya terhadap apa yang dicapai oleh Shalwa.

“Terima kasih banyak atas prestasinya, saya mewakili pemerintah daerah atas nama bupati merasa bangga dengan prestasi ini, karena apa yang nona Shalwa buat ini paling tidak berpengaruh terhadap nilai jual daerah kita bisa muncul di kancah nasional,” ujar Ripka.

Ripka juga menerangkan bahwa jika kita berbicara Alor maka sungguh asing bagi kebanyakan orang luar. Oleh sebab itu, promosi pariwisata Alor adalah tanggung jawab kita bersama. Dengan prestasi yang diraih Shalwa ini semoga punya andil dalam pengembangan dan promosi destinasi wisata daerah.

Dalam pertemuan itu juga, Kepala Dinas Pariwisata Alor itu membuka pintu selebar-lebarnya bagi Shalwa untuk bersinergi bersama. Ia juga berharap Shalwa dapat mempromosikan destinasi wisata Alor dengan ilmu dan pengalaman yang Shalwa peroleh selama mengikuti kejuaraan Duta Maritim Indonesia 2023.

Ripka kemudian menjelaskan tentang pentingnya menghidupi sektor pariwisata yang menurutnya punya peran besar dalam meningkatkan perekonomian daerah.

“Pariwisata ibarat kereta api. Kereta api adalah lokomotif yang membawa gerbong-gerbong. Oleh karena itu, jika pariwisata yang sebagai lokomotif ini hidup, maka sektor perekonomian yang lain juga turut bergerak karena mereka adalah gerbong-gerbongnya,” jelas Ripka.

Diakhir pertemuan itu, Ripka berharap semoga Shalwa bisa berperan aktif dalam menggunakan sosial media untuk mengajak orang berkunjung ke alor.

“Saya berharap dengan status nona Shalwa sebagai duta maritim ini, nona Shalwa bisa memainkan salah satu peran kecil yang bisa dilakukan yaitu kemana pun nona Shalwa pergi ke tempat wisata, maka bisa diposting lalu menandai kami dinas pariwisata Alor. Ini adalah upaya yang bisa kita lakukan di era hari ini untuk mengajak orang datang ke Alor,” terang Ripka.

Kepala Dinas Pariwisata Alor ini juga berharap semoga Shalwa bisa menjadi motivasi untuk pemuda alor yang lain agar bisa berprestasi dan mengambil peran dalam membangun daerah ini.

“Seperti kata Sukarno, berikan aku 10 orang pemuda maka akan ku guncangkan dunia. Dan kata itu layak disematkan ke Shalwa yang berprestasi ini. Semoga nona Shalwa bisa terus menginspirasi pemuda Alor yang lainnya agar bisa berprestasi juga dan bangun daerah ini ke arah yang lebih baik,” tutup Ripka.

Baca Juga: Luar Biasa! MAN Alor Kembali Raih Juara Umum LKBB 2023 Piala Kapolres Alor

Shalwa Kia Bersama Kadis Pariwisata Alor Beserta Guru Pembimbingnya saat berkunjung di Kantor Dinas Pariwisata Alor
Sementara itu, Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis, S.H, saat ditemui mengatakan, prestasi Shalwa ini adalah bentuk tanggung jawab madrasah dalam menyiapkan generasi unggul bangsa dengan menggali potensi minat dan bakatnya.

“Alhamdulillah salah satu siswa kami berhasil meraih juara Duta Maritim Indonesia 2023 dengan menyisihkan hampir ratusan peserta lainnya. Tentu ini adalah sebuah kebanggaan tersendiri dan madrasah memberikan apresiasi atas prestasinya ini,” Ujar Hadi.

Lebih lanjut Hadi mengatakan, prestasi Shalwa ini adalah prestasi non akademik, sedangkan dalam bidang akademik seperti KSM dan lain sebagainya kami di madrasah juga selalu menyiapkan siswa-siswi kami agar selalu siap berkompetisi dan meraih prestasi yang membanggakan serta mengharumkan nama madrasah juga daerah ini.

MAN Alor selalu mendukung dan mendorong siswa-siswinya untuk berprestasi pada bidang apapun, dan melalui jalur apapun, sesuai bakat dan minatnya. Oleh karenanya itu MAN Alor selalu siap memberikan pelayanan prima dengan cara memberikan pendampingan, pembimbingan, dan memfasilitasi siswa-siswinya untuk mengikuti berbagai kompetisi,” tandas Hadi.

Shalwa Kia saat disambut Kepala MAN Alor

Senada dengan Kepala MAN Alor, salah satu Guru Pembimbing Shalwa yakni Sumardin Kemang, S.Pd saat ditemui mengatakan, prestasi Shalwa ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi keluarga besar MAN Alor. Sumardin juga berharap Shalwa bisa terus mengembangkan dirinya untuk meraih prestasi lainnya.
“Saya berharap  apa yang Shalwa dapatkan selama mengikuti kejuaraan Duta Maritim Indonesia bisa dikembangkan disini, dan Shalwa juga bisa menjadi motivator bagi para pemuda alor, khususnya lagi bagi siswa-siswi MAN Alor,” ungkap Sumardin.

Sementara itu, Shalwa saat dikonfirmasi mengatakan, prestasi yang diraihnya adalah berkat doa dan dukungan dari semua pihak. Olehnya itu, ia memberikan ucapan terima kasih yang tiada terkira kepada semua pihak yang telah mendukungnya hingga keluar sebagai juara Duta Maritim Indonesia 2023.

Syukur pada Allah SWT, terimakasih Mama dan Bapak, terimakasih seluruh keluarga besar Sumojoyo dan keluarga besar Kia. Terimakasih juga kepada Bapak Ibu Guru MAN Alor, terutama kepada Guru Pendamping/Pembimbing Bapak Kemang dan Bapak Rizaldi serta Bapak Kepala MAN Alor, Bapak Hadi Kammis. Terima Kasih juga saya ucapkan Kepada Kepala DKP Wilayah Alor Provinsi NTT, Bapak Muhammad Saleh Goro. Pemda Alor, dalam hal ini Bapak Bupati Alor, Amon Djobo dan Ibu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Alor, Ripka Jayati, Kepala DKP Kabupaten Alor, Sutio Ambao dan Ibu Kabag Kesra Kabupaten Alor, Yunidiawati, serta kepada seluruh sahabat juga masyarakat yang telah turut mendukung saya hingga meraih juara, terimakasih dan semoga Allah yang membalas semua kebaikan kalian," terang Shalwa.

Sebagai informasi, Duta Maritim Indonesia 2023 adalah program yang digagas oleh Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda. Kegiatan ini digelar sejak tanggal 11 hingga 17 Agustus 2023 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan Jakarta. Tujuan dari Duta Maritim Indonesia 2023 adalah untuk menciptakan generasi penerus yang memiliki kesadaran dan komitmen terhadap sektor kemaritiman, pelestarian lingkungan pesisir dan kepulauan.

Dari perhelatan kegiatan ini, Shalwaa Kia berhasil menempati posisi 5 besar nasional dan meraih juara ke 2 Duta Maritim Indonesia dengan kategori broadcast menyisihkan 100 finalis dan menumbangkan total 600 pendaftar lainnya yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia.



Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.