Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Siapkan Generasi Unggul Berdaya Saing Global, Kepala MAN Alor Resmi Buka Kegiatan English Camp 2023 - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Siapkan Generasi Unggul Berdaya Saing Global, Kepala MAN Alor Resmi Buka Kegiatan English Camp 2023

Kepala MAN Alor Bersama Wakamad Humas dan Kurikulum
MAN Alor (Humas) – Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis, S.H membuka dengan resmi kegiatan English Camp yang digelar oleh English Club MAN Alor, pada hari ini, Jumat (11/08/2023) bertempat di ruang koperasi Madrasah.

Hadir langsung dalam kegiatan ini Wakamad Kurikulum, Muhammad Irvan M.Pd, dan juga Wakamad Humas MAN Alor, Kadarusman Noor, S.Pd, serta para guru bahasa Inggris MAN Alor selaku pembina kegiatan English Camp.

Rizaldi Abas Nampira, S.Pd, pembina English Club MAN Alor mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan English Camp ini adalah mewujudkan peran aktif anggota English Club MAN Alor dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam pengembangan bahasa Inggris di Kabupaten Alor.

“Kegiatan ini juga merupakan pengejawantahan dari visi MAN Alor yaitu membentuk insan terdidik yang beriman dan bertakwa Kepada Allah SWT, berakhlak mulia serta menguasai IPTEK. Selain itu, Kegiatan English Camp ini adalah upaya serius madrasah juga dalam mewujudkan salah satu misinya yaitu membimbing dan memotivasi siswa untuk mengenali dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal,” ucap Rizaldi.

Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan ini  adalah “Hold The World With English”. Menurut salah satu panitia penyelenggara, Firsa Ramadhani Bay yang juga siswa MAN Alor mengatakan, tema ini diangkat sebagai bentuk respons MAN Alor dalam menyikapi arus globalisasi yang sedang terjadi dalam kehidupan sekarang.

“Arus globalisasi menuntut adanya kemampuan berbahasa internasional yang digunakan dalam berkomunikasi antar negara yang satu dengan negara yang lain. Kita tahu bahwa perkembangan dunia memusat pada dunia barat sehingga secara tidak langsung bahasa Inggris yang digunakan pada dunia barat menjadi bahasa yang familier dan dikenal sebagai bahasa internasional,” tutur Firsa.

Baca Juga: Kepala Kantor Kemenag Alor Lepas Siswa Berprestasi MAN Alor Ke Perlombaan Tingkat Nasional

Selanjutnya, Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis, S.H dalam kesempatannya untuk membuka kegiatan ini memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak dan Ibu pembina English Club serta panitia dan juga para peserta kegiatan English Camp.

“Kegiatan ini dilaksanakan atas pertanggungjawaban anggaran dari Pemda Alor yang diberikan kepada English Club MAN Alor, oleh karenanya itu kita masing-masing bertanggung jawab atas tugas yang kita emban dalam membawa lembaga madrasah yang besar ini ke arah yang lebih baik,” ucap Hadi.

Hadi menjelaskan, Ada hal yang perlu disiapkan dalam hidup saat ini di era persaingan global. Jika melihat sejarah, bangsa Indonesia ini bisa merdeka dengan lobi politik internasional, dan untuk melakukan lobi tentunya diperlukan kemampuan berbahasa Inggris, itulah yang dilakukan para founding father pendiri bangsa ini.

“Indonesia tidak akan merdeka jika Sukarno tidak memiliki penguasaan bahasa Inggris. Dengan kemampuan berbahasalah Sukarno mengelilingi negara lain untuk melobi kemerdekaan bangsa ini. Begitu juga Hatta yang pergi ke Arab Saudi untuk melobi Arab mengakui kemerdekaan Indonesia, dan itu dilakukan Hatta juga dengan kemampuan berbahasa. Dari sini bisa kita ambil pelajaran bahwa pentingnya penguasaan dan kemampuan berbahasa asing,” tegas Hadi.

Hadi juga mengatakan bahwa bahasa itu jendelanya dunia, dan untuk mengenal satu dengan yang lain lagi-lagi diperlukan kemampuan berbahasa yang baik. Ini juga sesuai dengan apa yang diperintahkan dalam Al-Quran surat Al-Hujurat ayat 13.

“Dalam Quran sudah jelas bahwa kita diciptakan untuk saling kenal-mengenal dan itu tertera jelas di surat Al-Hujurat ayat 13 bahwa Allah SWT menciptakan kita sebagai seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kita berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kita saling kenal-mengenal. Yang perlu diketahui bahwa untuk mengenal satu dengan yang lain adalah dibutuhkan kemampuan berbahasa atau menguasai bahasa,” terang Hadi.

Hadi menambahkan, English Club MAN Alor dirintis sejak tahun 2018, dan seiring berjalannya waktu alhamdulillah keberadaan English Club MAN Alor semakin dikenal pemerintah dan masyarakat.

“Program English Club MAN Alor ini sejalan dengan salah satu dari tiga program unggulan Pemerintah Daerah Kabupaten Alor yakni Alor Pintar. Dan alhamdulillah kita mendapat sedikit bantuan dana dari Pemda Alor untuk menjalankan kegiatan English Camp ini. Ini artinya bahwa program yang kita jalankan selama ini sudah sesuai dengan visi pemerintah,” jelas Hadi.

Baca Juga: Sambangi MAN Alor, Kabag TU Kanwil Kemenag NTT Beri Arahan dan Motivasi Pada Para Guru

Diakhir sambutannya, Hadi Abdul Aziz Kammis S.H memberikan motivasi kepada para peserta English Camp yang berjumlah 30 orang tentang pentingnya menyiapkan diri sejak dini untuk menyongsong masa depan yang gemilang.

“Penguasaan bahasa itu penting anak-anakku sekalian, tapi yang lebih penting adalah bagaimana kalian mempersiapkan diri kalian dengan baik dalam menghadapi zaman saat ini yang terus berubah semakin modern. sebab jika tidak menyiapkan diri kalian dari sekarang dengan baik maka saat ke depan nanti kalian hanya menjadi penonton, dan bukan pelaku dalam laju perubahan zaman ini. Oleh karena itu, mari persiapkan diri kalian sehingga Alor ini ke depan dipimpin oleh anak-anak berkualitas dan berdaya saing global,” tutup Kepala MAN Alor ini dengan nada tegas.

Sebagai informasi, kegiatan English Camp yang diselenggarakan oleh English Club MAN Alor ini akan berlangsung selama tiga hari ke depan terhitung Jumat, 11 Agustus hingga Minggu, 13 Agustus 2023. Dua hari pelaksanaan kegiatan dilakukan di lingkup madrasah dan untuk hari terakhirnya akan dilaksanakan di TSAP Sebanjar (Pantai Wisata Sebanjar).

Bentuk kegiatan English Camp ini adalah kegiatan yang menyatukan antara pelatihan bahasa Inggris, pelatihan kepemimpinan, pelatihan cara belajar mandiri, rekreasi dan olahraga yang dikemas dalam kegiatan beratmosfer lingkungan berbahasa inggris.

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.