Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Luar Biasa! Siswa MAN Alor Raih Enam Piala Dalam Lomba Bulan Bahasa Untrib Kalabahi - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Luar Biasa! Siswa MAN Alor Raih Enam Piala Dalam Lomba Bulan Bahasa Untrib Kalabahi

Doc. Penerimaan Hadiah Oleh Tim Lomba MAN Alor
MAN Alor (Humas) -
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor sukses meraih enam piala pada lomba bulan bahasa tingkat SMA/MA Sekabupaten Alor yang digelar oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Tribuana Kalabahi, pada Senin (16/10/2023) sampai dengan penutupan hari ini Rabu, (18/10/2023).

Kegiatan yang berlangsung di lopo Universitas Tribuana Kalabahi ini mengangkat tema, “Preparing a generation that is intelligent in language and culture”.

Yumina Bely, Ketua Panitia kegiatan saat ditemui mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan dalam rangka menyongsong dan memeriahkan hari “Sumpah Pemuda” pada tanggal 28 Oktober 2023 yang diidentikan dengan bulan bahasa.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas diri siswa dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan dan dunia secara global,” jelas Yumina.

Dalam pelaksanaan kegiatan, ada 3 bidang lomba yang dikompetisikan yaitu, lomba debat, story telling, dan spelling bee. Dari 3 bidang lomba yang dikompetisikan ini, siswa MAN Alor berhasil menyabet semua piala setelah mengalahkan 4 sekolah yang terlibat dalam kompetisi ini yakni, SMAK Santo Yoseph Kalabahi, SMA Negeri Tamalabang, SMA Kristen 1 Kalabahi, dan SMA Negeri Kabola.

Baca Juga: Kunjungi MAN Alor, Mantan Irjen Kemenag RI Beri Pembinaan ASN Kemenag Alor

Sumardin Kemang, S.Pd, salah satu pembina tim lomba MAN Alor saat ditemui mengatakan, kemenangan dalam lomba kali ini adalah berkat kerja keras dan kegigihan para siswa yang berlatih sebelum perlombaan dan juga doa serta dukungan dari seluruh keluarga besar MAN Alor.

“Perlombaan kali ini kami menurunkan 12 siswa yang tersebar dari berbagai bidang lomba. Sebelum mengikuti perlombaan, kami sudah melakukan persiapan selama sebulan setelah menerima surat undangan yang masuk ke sekolah dari pihak penyelenggara dalam hal ini Untrib Kalabahi. Kami juga rutin melakukan latihan setiap sore sebelum perlombaan ini digelar,” ujar Sumardin.

Kemenangan tim lomba MAN Alor dalam kompetisi yang digelar Untrib Kalabahi pun disambut antusias dan mendapat apresiasi yang luar biasa dari seluruh keluarga besar MAN Alor.

Salah satunya datang dari Wakamad Kesiswaan, Moh. Farhan Apetatu, S.S. “Alhamdulillah proficiat buat seluruh tim dan pembimbing, terima kasih atas kerja keras dan rasa kecintaan terhadap madrasah. Semoga memacu ekstra yang lain untuk menunjukkan taringnya,” terang Farhan via grup whatsapp.

Baca Juga: Pupuk Rasa Cinta Pada Rasulullah, MAN Alor Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H

Sementara itu, Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis, S.H., saat dikonfirmasi menyampaikan rasa bangganya atas prestasi para siswa yang telah mengharumkan nama madrasah.

“Ini merupakan prestasi yang luar biasa dan membanggakan. Di madarasah ini, anak-anak tidak hanya dibina secara intelektual melainkan anak-anak juga dibekali dengan nilai spiritual berupa sikap tawakal setelah berusaha. Torehan prestasi demi prestasi dari anak-anak kami adalah bukti dari proses pendidikan dan pengajaran yang kami lakukan di lembaga ini,” tutur Hadi.

Lebih lanjut, Hadi berharap agar para siswa yang meraih juara tetap mawas diri dan terhindar dari sikap cepat puas diri, berbangga diri, dan merasa lebih hebat dari orang lain.

Diketahui sebelumnya, dalam acara penutupan perlombaan, MAN Alor mendapat apresiasi dan ungkapan terima kasih dari Antonius A. Saetban, S.Pd.K., M.Pd., selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tribuana Kalabahi.

“Saya ucapkan terima kasih banyak dan rasa bangga kepada MAN Alor karena selalu berpartisipasi aktif dalam setiap perlombaan yang digelar oleh Untrib Kalabahi. MAN Alor juga selalu menurunkan peserta terbanyak dalam setiap kompetisi. Semoga kerja sama dan kemitraan ini bisa terus kita rawat dalam semangat membangun Alor yang lebih baik,” jelas Antonius.

Berikut nama-nama pembimbing dan peserta lomba bulan bahasa dari MAN Alor;

Pembimbing:

1. Sumardin Kemang, S.Pd

2. Rizaldi Abas Nampira, S.Pd

3. Nur Fitria Aminta, S.Pd

4. Subhan Malese, S.Pd

Peserta:

1.   Juara 1 Lomba Debat

 1. Teguh Nursalam Kammis

 2. Nazhifa Q. Umar

2.   Juara 2 Lomba Debat

 1. Fajri M. Saleh

 2. Firsa R. Bay

3.   Juara 1 Lomba Story Telling

 1. Kharisma Cahya Mawaddah

4.   Juara 1 Lomba Spelling Bee

 1. Marsyah Auliyah Bay Gawi

5.   Juara 2 Lomba Spelling Bee

 1. Dila Sabrina

6.   Juara 3 Spelling Bee

 1. Tarisha Arofah Ilyas

Adapun 4 peserta lainnya yang turut berpartisipasi dan belum sempat mendapat juara antara lain:

1. Naura Amalia A. Daka

2. Riza Riskia

3. Shifa Khairunnisa

4. Bintang Ramadani Azis


1 komentar:

  1. Man Alor the Best 👍🙏👍🙏👍.... semoga para bapak kepala Madrasah, bapak ibu guru dan seluruh civitas MAN ALOR selalu diberikan keberkahan dan kesuksesan dalam membangun Madrasah.... Aaaaaammmmiiinnn

    BalasHapus

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.