Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Peringati Bulan Bahasa 2023, MAN Alor Gelar Berbagai Lomba Menarik Dan Edukatif - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Peringati Bulan Bahasa 2023, MAN Alor Gelar Berbagai Lomba Menarik Dan Edukatif

Dok. Suasana Pelaksanaan Lomba Debat
MAN Alor (Humas) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor adakan berbagai lomba dalam rangka memperingati Bulan Bahasa 2023. Kegiatan ini telah dibuka secara resmi oleh Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis pada Senin kemarin, (23/10/2023) saat upacara peringatan Hari Santri Nasional.

Berbagai lomba menarik dan edukatif seperti talent show, duta bahasa, debat, vlog, dan cerdas cermat akan dikompetisikan dan diikuti oleh seluruh siswa MAN Alor selama sepekan ke depan.

Tema yang diangkat dalam kegiatan kali ini adalah “Berbahasa dan Bersastra, Cermin Bangsa Berbudaya Menuju Madrasah Yang Kreatif”.

Fajri’ars M. Saleh, Ketua OSIM MAN Alor, mengungkapkan bahwa tema ini diangkat sebagai respon sekaligus upaya untuk memperkuat kemampuan berbahasa dan kreativitas siswa-siswi MAN Alor.

“Kami berharap dengan kegiatan perlombaan bulan bahasa kali ini mampu melatih para siswa sehingga mereka memiliki kreativitas dan keterampilan dalam proses kehidupan,” tutur Fajri.

Baca Juga: Jihad Santri Jayakan Negeri, MAN Alor Gelar Apel Peringatan Hari Santri Nasional 2023

Selanjutnya, Wakamad Kesiswaan, Moh. Farhan Apetatu dalam sambutannya mengatakan, latar belakang kegiatan ini adalah dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, dimana salah satu isi ikrar sumpah itu adalah pengakuan terhadap bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.

Bulan Bahasa merujuk pada sejarah bangsa, yang mana tepatnya pada 28 Oktober 1928 silam, para pemuda dari berbagai latar belakang suku dan agama berikrar bahwa mereka memiliki tanah air, bangsa, dan bahasa yang satu yaitu Indonesia. Peristiwa inilah yang diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda,” ucap Farhan.

Lebih lanjut Farhan mengatakan, spirit persatuan dalam ikrar Sumpah Pemuda harus kita refleksikan bersama. 

"Tujuan adanya kegiatan tidak hanya sekedar memperingati 95 tahun Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa, tetapi juga untuk membina dan mengembangkan kemampuan berbahasa para siswa secara akademik. Yang tak kalah penting adalah perlombaan ini memberikan kesempatan kepada para siswa untuk berekspresi dan meningkatkan kemampuan mereka sesuai dengan minat dan bakatnya," jelas Farhan.

Sementara itu, Wakamad Humas MAN Alor, Kadarusman Noor mengatakan, Kegiatan Bulan Bahasa ini adalah salah satu program madrasah yang dilaksanakan oleh OSIM.

“Kami dari Humas senantiasa memberikan motivasi atau dorongan untuk kegiatan ini lebih baik. Dan selalu kami informasikan ke pihak sekolah dan pihak luar terkait pelaksanaan kegiatan ini. Harapan kami adalah ke depan kegiatan ini menghasilkan hasil yang baik untuk kreatifitas dan keterampilan anak-anak,” jelas Kadarusman.

Baca Juga: Edukasi Pemilih Pemula, KPU Alor Gelar Nobar Film “Kejarlah Janji” Bersama Siswa MAN Alor di Hari Santri Nasional

Di lain pihak, peserta lomba duta bahasa, Firsa Bay dan Marsyah Auliyah Bay Gawi saat ditemui mengatakan, motivasi mereka mengikuti lomba adalah motivasi sendiri dan mencari pengalaman.

“Kegiatan ini menarik dan alasan kami mengikuti kegiatan ini adalah untuk melatih dan terus mengasah kemampuan public speaking kami. Kami pun punya target juara dalam perlombaan Duta Bahasa kali ini yaitu targetnya adalah kalau tidak juara 1 yah juara 2,” tutur mereka.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan Bulan Bahasa kali ini telah dimulai dari tanggal 24 Oktober dan akan berakhir pada puncak perayaannya pada tanggal 28 Oktober 2023 mendatang

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.