Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-95, MAN Alor Gelar Upacara Sekaligus Penutupan Bulan Bahasa 2023 - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-95, MAN Alor Gelar Upacara Sekaligus Penutupan Bulan Bahasa 2023

Dok. Pemberian Hadiah Oleh Kepala MAN Alor Kepada Para Juara Lomba Bulan Bahasa
MAN Alor (Humas) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor menggelar upacara peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke-95 di halaman madrasah, Sabtu, (28/10/2023). Pagelaran upacara kali ini turut menutup semarak kegiatan Bulan Bahasa yang telah digelar sejak Selasa kemarin, (24/10/2023).

Hadi Abdul Aziz Kammis, Kepala MAN Alor yang bertugas sebagai pembina upacara dalam sambutannya mengatakan, kehadiran kita dalam upacara kali ini adalah merefleksikan perjuangan para pemuda 95 tahun yang lalu.

“Ikrar pemuda yang dilakukan pada tanggal 28 Oktober silam memiliki makna yang sangat kuat yaitu kemerdekaan. Pemuda kala itu berikrar tentang semangat persatuan,” terang Hadi.

Baca Juga: Peringati Bulan Bahasa 2023, MAN Alor Gelar Berbagai Lomba Menarik Dan Edukatif

Lebih lanjut, Hadi mengatakan, semangat perjuangan pemuda 95 tahun lalu harus diteladani. Ia menjelaskan bahwa semangat itu harus diwujudkan secara konkret.

“Pengorbanan para pemuda kala itu tidak bisa kita lakukan saat ini, oleh karena itu cara kita meneladani semangat mereka adalah dengan mewujudkan semangat persatuan kala itu. Yang bisa kita lakukan saat ini adalah mewujudkan visi yang telah ditetapkan oleh madrasah dan mewujudkan visi yang telah ditetapkan oleh negara, itulah yang penting dalam meneladani perjuangan mereka kala itu. Yang tak kalah penting adalah rawat terus persatuan, jangan jadikan perbedaan sebagai sarana perpecahan tapi sarana silaturahmi,” jelas Hadi.

Setelah sambutan, Hadi pun langsung menutup secara resmi semarak kegiatan perayaan Bulan Bahasa 2023 yang telah digelar selama sepekan ini. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah dari madrasah kepada para peserta yang telah menjuarai berbagai bidang perlombaan.

Suasana Upacara Sumpah Pemuda Sekaligus Penutupan Bulan Bahasa 2023
Sementara itu, Ahmad Djafar, salah satu pembina OSIM MAN Alor yang ditemui seusai upacara mengatakan, pelaksanaan kegiatan Bulan Bahasa tahun ini masih banyak sekali kekurangan, akan tetapi Ia mengharapkan agar kegiatan Bulan Bahasa di tahun yang akan datang lebih baik lagi.

“Kegiatan bulan bahasa ini adalah berkat kerja keras teman-teman pengurus OSIM, ini tentu menjadi wadah untuk melatih mereka dalam mengembangkan semangat leadership dalam berorganisasi," tutur Ahmad.

Ahmad menambahkan, kegiatan-kegiatan seperti ini sangat penting sebab bisa menjadi modal mereka untuk bisa hidup dalam pergaulan sosial kemasyarakatan. 

"Selaku pembina OSIM, saya berharap mereka bisa terus belajar untuk mengembangkan diri dalam berproses di organisasi. Tentu banyak kekurangan selama proses kegiatan, tapi itu adalah wadah belajar sekaligus wadah evaluasi untuk memacu diri mereka menjadi lebih baik lagi. Harapannya kelak mereka bisa menjadi pemimpin masa depan bangsa lewat proses berorganisasi semacam ini,” ucap Ahmad.

Untuk diketahui, pelaksanaan upacara Sumpah Pemuda sekaligus penutupan Bulan Bahasa kali ini diikuti oleh seluruh civitas akademik MAN Alor. Turut hadir pula Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Madrasah (FKMPM). Bertindak sebagai petugas upacara adalah para dewan guru. Terpantau dari lokasi, para dewan guru mengenakan pakaian adat khas daerah masing-masing saat mengikuti upacara.

Sebagai informasi, semarak kegiatan perlombaan Bulan Bahasa 2023 yang telah resmi ditutup pada upacara Sumpah Pemuda hari ini turut disponsori oleh O.Z Accessories, Alor Parfume, dan Indosat.

Baca Juga: Jihad Santri Jayakan Negeri, MAN Alor Gelar Apel Peringatan Hari Santri Nasional 2023

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.