Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Berbasis Digital, MAN Alor Gelar Asesmen Sumatif Akhir Semester TP. 2023/2024 - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Berbasis Digital, MAN Alor Gelar Asesmen Sumatif Akhir Semester TP. 2023/2024

Dok. Asesmen Sumatif Akhir Semester di MAN Alor
MAN Alor (Humas) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor menggelar Asesmen Sumatif Akhir Semester Tahun Pelajaran 2023/2024 berbasis digital, Senin, (27/11/2023).

Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis mengatakan bahwa asesmen ini dalam rangka mengevaluasi kemampuan siswa selama mengikuti proses pembelajaran baik itu pembelajaran reguler maupun les-les tambahan.

"Asesmen akhir ini kan program wajib madrasah yang sudah direncanakan setiap tahunnya. Semua proses pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam bentuk ujian adalah upaya kita untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran,” tutur Hadi.

Hadi menambahkan, pelaksanaan asesmen kali ini berbasis digital sesuai program Kementerian Agama yaitu tranformasi digital.

“Pelaksanaan ujian kita kali ini kita manfaatkan IT (Information AND Technology) untuk mengukur hasil dari asesmen yang kita buat. Jadi ujian kali ini berbasis website ujian, bukan aplikasi, bukan elearning tetapi kita menggunakan platform digital yakni google forms yang terintegrasi dengan website madrasah,” ucap Hadi.

Baca Juga: Peringati Hari Guru Nasional 2023, Kemenag Alor Gelar Upacara di MAN Alor

Lebih lanjut Hadi menjelaskan bahwa ujian berbasis digital kali ini lebih mempermudah proses evaluasi belajar siswa dan juga mempermudah orang tua dalam mengontrol hasil belajar anaknya.

“Sistem ujian kali ini yang berbasis website tentunya mempermudah semua pihak dalam mengontrol jalannya proses pembelajaran di madrasah. Orang tua dan masyarakat bisa melihat proses dan hasil belajar siswa sebab di website madrasah sudah tertera mata pelajaran yang dipelajari siswa juga jadwal pelaksanaan ujian di madrasah,” pungkas Hadi.

Sementara itu, Wakamad Kurikulum MAN Alor, Muhammad Irfan, mengatakan asesmen sumatif akhir semester ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pencapaian hasil belajar siswa selama satu semester.

“Jadi asesmen ini kita menguji pencapaian kompetensi dari beberapa kompetensi yang diajarkan guru sehingga kita bisa mengetahui sejauh mana pencapaian yang dicapai siswa itu. Dan dengan kita mengetahui hal itu, kita bisa melakukan evaluasi di semester berikut terkait dengan teknik maupun metode pembelajaran agar ketercapaian proses pembelajaran bisa tercapai,” jelas Irfan.

Baca Juga: Kakan Kemenag Alor Buka Kegiatan Pendampingan EDM / ERKAM Madrasah se-Kabupaten Alor

Muhammad Irfan juga berharap semoga pelaksanaan ujian ini berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala selama sepekan ke depan.

“Kita harapkan secara umum ujian ini berjalan dengan lancar. Yah tidak ada kendala sehingga program-program yang sudah kita jadwalkan contohnya analisis nilai dan nanti penerimaan rapor itu tidak terganggu atau mengalami kendala,” tandas Irfan.

Untuk diketahui, asesmen ini diikuti oleh seluruh siswa MAN Alor dari kelas X hingga XII yang berjumlah 1137 siswa. Asesmen sumatif akhir semester ini juga akan digelar selama sepekan ke depan, terhitung Senin (27/11) hari ini hingga Rabu (06/12) nanti.

Sebagai informasi, asesmen sumatif akhir semester sendiri merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap siswa pada semua kompetensi dasar pada mata pelajaran tertentu yang telah dipelajari selama satu semester guna mendapatkan nilai pencapaian kompetensi lulusan yang baik.

Berikut jadwal pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester MAN Alor yang bisa diakses pada tautan link di bawah ini:

Web Ujian MAN Alor

Jadwal Pelaksanaan Asesmen Akhir Semester Kelas X TP. 2023/2024

Jadwal Pelaksanaan Asesmen Akhir Semester Kelas XI TP. 2023/2024

Jadwal Pelaksanaan Asesmen Akhir Semester Kelas XII TP. 2023/2024




Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.