Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Peduli Kemanusiaan, MAN Alor Galang Dana Bantu Perjuangan Palestina - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Peduli Kemanusiaan, MAN Alor Galang Dana Bantu Perjuangan Palestina

Dok. Penggalangan dana untuk Palestina di lingkungan madrasah.
MAN Alor (Humas) – Krisis kemanusiaan di jalur Gaza, Palestina, terus memantik keprihatinan berbagai kalangan rakyat Indonesia. Salah satunya, keluarga besar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor yang turut terpanggil dan menggelar aksi kemanusiaan berupa penggalangan dana untuk perjuangan rakyat Palestina. Aksi kemanusiaan ini sudah digelar sejak Senin (06/11) hinga Selasa (08/11) kemarin di lingkungan madrasah.

Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis menjelaskan bahwa aksi kemanusiaan ini dilatarbelakangi oleh wujud kepedulian tragedi kemanusiaan di tanah Palestina.

“Masalah yang dihadapi Palestina adalah tanggung jawab kita semua dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagaimana juga kita ketahui kan salah satu tujuan negara yang terdapat dalam UUD itu kan ikut mewujudkan ketertiban dunia. Yang kita lakukan ini adalah tindakan kemanusiaan sekaligus salah satu upaya mewujudkan amanat konstitusi yaitu menghapus penjajahan dan menjaga perdamaian dunia,” jelas Hadi.

Baca Juga: Sukses Gelar Asesmen Bakat dan Minat 2023, MAN Alor Siap Dukung Potensi Siswa

Donasi yang terkumpul dalam kegiatan penggalangan dana selama dua hari di lingkungan madrasah ini sebesar Rp 5.051.000.

Wakamad Kesiswaan, Moh. Farhan Apetatu dalam laporannya mengatakan, bantuan peduli Palestina ini berasal dari para guru, pegawai dan juga seluruh siswa MAN Alor.

“Ucapan limpahan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan donasi ini. Kiranya Allah SWT membalas seluruh amal dan niat baik kita atas kepedulian terhadap rakyat Palestina,” papar Farhan.

Farhan menambahkan, hasil donasi yang terkumpul adalah donasi kemanusiaan untuk Palestina tahap pertama. Rencananya, akan digelar lagi aksi kemanusiaan peduli Palestina tahap kedua selama dua minggu ke depan.

“Donasi tahap pertama telah kami transfer kepada dua lembaga penyalur sumbangan ke Palestina yakni Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia dan Komite Nasional Rakyat Palestina. Untuk Baznas RI sebesar Rp 3.000.000 dan Komite Nasional Rakyat Palestina sebesar Rp 2.051.000,” terang Farhan.

Baca Juga: Iringi Pembukaan Pesparawi, Paduan Suara MAN Alor Tampil Memukau di Hadapan Bupati

Untuk diketahui, angka korban di Gaza, Palestina terus bertambah. Dari data terbaru Kementerian Kesehatan Gaza, 10.568 orang tewas karena serangan Israel sementara 4.324 luka-luka. Dari keseluruhan korban, sebagian besar adalah anak-anak dan wanita.

Serangan Israel yang membabi buta menyebabkan negara Palestina krisis makanan, minuman, dan obat-obatan. Bahkan banyak rumah sakit dan pemukiman penduduk Palestina yang hancur akibat serangan Israel. 

Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun mengatakan, bantuan kemanusiaan dari Indonesia masih tertahan di Mesir.

“Semua bantuan kemanusiaan, bahkan dari pemerintah Indonesia, ada di El Arish, Mesir, menunggu izin dari para ‘pembunuh’ Israel,” kata Zuhair usai penerimaan 22 calon kadet Palestina di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2023).

Bahkan, Zuhair menyebutkan, pemerintah Palestina pun kesulitan masuk ke Jalur Gaza. “Jadi tidak mudah bagi para pemimpin kami atau warga kami untuk masuk ke Gaza,” tutur Zuhair.

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.