Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Sukses Gelar Asesmen Bakat dan Minat 2023, MAN Alor Siap Dukung Potensi Siswa - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Sukses Gelar Asesmen Bakat dan Minat 2023, MAN Alor Siap Dukung Potensi Siswa

Dok. Istimewa
MAN Alor (Humas) - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor sukses menggelar Asesmen Bakat dan Minat (ABM) Tahun Pelajaran 2023/2024 pada hari Senin (06/11) kemarin, sampai Kamis (09/11) hari ini  bertempat di ruang laboratorium komputer madrasah.

Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis mengatakan, ABM ini merupakan upaya dari pemerintah untuk melakukan pemetaan bakat dan minat siswa. Harapannya, hasil ABM ini bisa memberikan gambaran kepada siswa tentang potensi yang ada di dalam diri mereka sehingga kenyamanan dan motivasi mereka dalam proses pembelajaran bisa terbentuk.

“Pelaksanaan ABM di MAN Alor sendiri merupakan asesmen perdana. Dan ini adalah upaya pemetaan pemerintah secara sistematis dan terstruktur agar dapat membuat program-program yang bisa menunjang potensi siswa," ungkap Hadi.

Menurut Hadi, hasil ABM ini juga bisa menjadi data untuk madrasah dalam mengadakan program-program ekstrakurikuler yang menunjang minat dan bakat siswa. 

"ABM ini disamping sebagai asesmen dari pusat, hasil datanya juga bisa menjadi rujukan madrasah dalam melakukan bimbingan karier agar ke depan nanti, ketika anak-anak kami berkuliah maka mereka sudah mampu menentukan pemilihan jurusan sesuai dengan potensi, minat juga bakat mereka,” ucap Hadi mengakhiri.

Baca Juga: Iringi Pembukaan Pesparawi, Paduan Suara MAN Alor Tampil Memukau di Hadapan Bupati

Sementara itu, Proktor MAN Alor, Samsul Azis mengatakan, ABM perdana tahun ini berjalan lancar dan tertib meskipun ada beberapa masalah teknis ketika pelaksanaan ABM.

“Pelaksanaan ABM tahun ini di MAN Alor terbilang perdana. Karena perdana maka dalam pelaksanaannya, masalah yang kami hadapi adalah masalah-masalah teknis seperti, koneksi jaringan dari klien ke server ABM yang cukup lambat dan sering terputus serta sering terjadi white screen,” tutur Samsul.

Lebih lanjut, Samsul menambahkan bahwa sebenarnya ABM perdana tahun ini bisa diikuti oleh seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 331 siswa, akan tetapi karena kekurangan computer clien maka peserta yang dipilih untuk mengikuti ABM pun terbatas.

Untuk diketahui, ABM tahun ini yang diadakan oleh MAN Alor mengacu pada surat permohonan pelaksanaan dukungan asesmen bakat minat dari Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Pelaksanaan ABM tahun ini diikuti oleh siswa kelas XII MAN Alor yang terdiri dari 36 peserta utama dan 4 peserta cadangan.

Baca Juga: Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-95, MAN Alor Gelar Upacara Sekaligus Penutupan Bulan Bahasa 2023

Sebagai informasi, Asesmen Minat dan Bakat (ABM) sendiri merupakan tes yang mengukur kemampuan atau potensi umum seseorang pada bidang-bidang khusus dan minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu.

ABM juga bertujuan untuk memprediksi kemampuan seseorang dalam menguasai hal baru pada pekerjaan ataupun program pendidikan selanjutnya. 

Terdapat tujuh aspek yang diukur dalam ABM yaitu aspek kemampuan (verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, penggunaan bahasa, dan klerikal) serta minat pada kegiatan atau pekerjaan tertentu.


Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.