Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Sambut HAB Ke-78, Kemenag Alor Gelar Apel Pembukaan di MAN Alor - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Sambut HAB Ke-78, Kemenag Alor Gelar Apel Pembukaan di MAN Alor

Dok. Apel Pembukaan HAB ke-78 di MAN Alor
MAN Alor (Humas) – Menyambut Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama Republik Indonesia dengan tema “Indonesia Hebat Bersama Umat”, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Alor menggelar apel  pembukaan di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor, pada Kamis (28/12/2023).

Pelaksanaan apel pembukaan HAB ke-78 ini diikuti oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Alor, Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Para Kepala Seksi, Para Kepala Madrasah, serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Kementerian Agama Kabupaten Alor.

Hadi Abdul Aziz Kammis, Kepala MAN Alor sekaligus Ketua Panitia HAB ke-78 dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan perayaan Hari Amal Bakti (HAB) bukanlah sebuah rutinitas tahunan yang bersifat seremonial, melainkan sebuah perayaan yang harus dimaknai dan direfleksikan secara kritis sebab HAB adalah sebuah sejarah berdirinya lembaga Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Apa yang kita laksanakan hari ini merupakan wujud rasa cinta kita terhadap lembaga Kementerian Agama yang memiliki sebuah tugas yang sangat mulia yaitu membangun dan membina kerukunan antara umat beragama di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini,” ujar Hadi.

Baca Juga: Sekjen Lantik 10.300 PPPK Kemenag Hasil Optimalisasi

Hadi menambahkan, perayaan HAB ke-78 di Kemenag Kabupaten Alor tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya diisi dengan berbagai kegiatan seremonial dan perlombaan, maka pada tahun ini kegiatan HAB ke-78 hanya difokuskan pada kegiatan anjangsana yang ditujukan kepada pembangunan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Alor yang saat ini sedang dibangun.

“Bapak Ibu yang kami hormati, kita ketahui bahwa kantor kita ini pembangunannya sudah berjalan kurang lebih satu tahun, yang hingga saat ini belum selesai sehingga ini menjadi tanggung jawab kita semua. Bagaimana peran kita semua ASN Kantor kementerian Agama Kabupaten Alor turut berpartisipasi dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab kita untuk membantu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat kita. Apalah artinya sebuah kemeriahan, apalah artinya sebuah kemewahan apabila kita belum memiliki sebuah tempat yang layak huni untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat kita,” jelas Hadi.

Sementara itu, Awaluddin Husain, Kepala Kantor Kemenag Alor dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan HAB tahun ini berbeda dengan HAB tahun-tahun sebelumnya. Jika pada HAB tahun-tahun sebelumnya itu semua bentuk pelaksanaan kegiatan diserahkan sepenuhnya kepada kabupaten atau kota untuk mengurusnya secara teknis tetapi untuk tahun ini ada panduan dari Kemenag pusat dan semua Kemenag kabupaten atau kota harus mengikuti panduan dari Kemenag pusat tersebut.

Awaluddin mengatakan, informasi terakhir yang beredar dari Kemenag pusat adalah bahwa jalan sehat yang awalnya sudah direncanakan harus dibatalkan dengan berbagai pertimbangan karena pada momentum Pemilu atau Pilpres, kegiatan jalan sehat yang melibatkan banyak massa ini dapat disusupi kepentingan tertentu.

“Jalan santai kerukunan yang biasa kita selenggarakan kalau di NTT itu relatif kecil, tetapi kawasan Jawa itu bisa mampu melibatkan hampir 40 ribu massa. Massa besar tidak masalah, tetapi yang dikhawatirkan adalah massa-massa susupan yang kemudian membawa bendera-bendera tertentu dan itu kemudian Kementerian Agama pasti akan dikulitin habis-habisan. Itulah dasar pertimbangannya sehinga kemudian semua jalan sehat yang diselenggarkan itu dibatalkan untuk tahun ini,” papar Awaluddin.

Baca Juga: MAN Alor Sukses Gelar Pembagian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik TP. 2023/2024

Awaluddin juga mengungkapkan bahwa dalam perjalanan panjang Kementerian Agama yang sudah berusia 78 tahun, kementerian ini telah menorehkan sekian banyak prestasi. Terutama dalam tahun ini, prestasi yang paling menggembirakan buat masyarakat NTT dan Kementerian Agama NTT adalah bahwa kita mendapat penghargaan Harmony Award dengan indeks kerukunan tertinggi di Asia dan Pasifik.

“Ini sebuah prestasi yang sangat luar biasa buat Kementerian Agama di luar berbagai prestasi-prestasi lain secara nasional. Ingin saya katakan kepada kita semua bahwa wajib hukumnya kita bangga sebagai ASN yang bekerja di Kementerian Agama. Maka kewajiban kita ke depan adalah menjaga marwah kantor kementerian agama kita ini. Kantor kementerian agama itu tugas utamanya adalah membina dan mendidik umat untuk bisa memahami agamanya dengan baik dan benar dan bisa mampu menjalankan dalam kehidupan sehari-hari. Tugas yang kedua adalah menjaga dan menciptakan kerukunan dan itu dari tahun ke tahun indeks kerukunan kita terus meningkat,” jelas Awaluddin.

Baca Juga: Sekjen dan Kakanwil Kemenag se-Indonesia Tandatangani Perkin Tahun 2024

Pada akhir sambutannya, Awaluddin mengucapkan terima kasih kepada seluruh ASN Kemenag Alor yang telah mendukungnya selama memimpin lembaga ini hingga penghujung masa akhir jabatannya pada kegiatan HAB kali ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman semua atas kebersamaan kita selama ini, dan janganlah cepat berlalu kemesraan itu karena di dunia maya kita masih bisa saling bersilaturahmi,” tutup Awaluddin.

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.