Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Pimpin Apel Peringatan HAB Ke-78, Pj Bupati Alor Minta ASN Kemenag Alor Jaga Netralitas di Tahun Politik - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Pimpin Apel Peringatan HAB Ke-78, Pj Bupati Alor Minta ASN Kemenag Alor Jaga Netralitas di Tahun Politik

Dok. Apel Peringatan HAB ke-78 Kemenag RI di MAN Alor

MAN Alor (Humas) -
Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Alor, Dr. Drs. Zeth Sony Libing, M.Si, menjadi Inspektur Upacara pada apel puncak peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 tingkat Kantor Kementerian Agama (kemenag) Kabupaten Alor, Rabu (3/1/2024).

Mengusung tema "Indonesia Hebat Bersama Umat", peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-78 kali ini digelar di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor.

Dalam kesempatan ini, Sony Libing selaku inspektur upacara menyampaikan amanat tertulis dari Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas yang mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag RI untuk meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan dalam mewujudkan cita-cita Kementerian Agama.

“Hari ini kita telah memasuki tahun 2024. Setiap tahun baru, setiap insan Kementerian Agama memiliki makna baru. Kementerian Agama dilahirkan pada awal tahun, yakni 3 Januari. Tepatnya 3 Januari 1946. Artinya, setiap memasuki tahun baru, kita harus memiliki spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kementerian Agama,” tutur Sony Libing sambil membaca naskah.

Dalam amanatnya yang dibacakan, Yaqut Cholil Qoumas menyatakan bahwa Hari Amal Bakti (HAB) tidak semata sebuah nama, tetapi di dalamnya terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kita kepada seluruh umat beragama.

Gus Men sapaan akrab Menag Yaqut juga menjelaskan bahwa sebagai institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan pendidikan keagamaan, tugas Kementerian Agama tidaklah ringan. Menurutnya, diantara tugas berat Kemenag adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional.

“Hadirin peserta apel yang berbahagia, tugas berat Kemenag ini dilaksanakan di antaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama. Selain itu, kita juga memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama. Bekal pendidikan agama yang moderat adalah fondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan,” ujar Sony Libing meneruskan naskah sambutan Menag RI.

Baca Juga: Panitia HAB Ke-78 Beri Dana Anjangsana Untuk Pembangunan Kantor Kemenag Alor

Lebih lanjut, Gus Men mengatakan bahwa melalui berbagai program reguler dan tujuh program prioritas yang hasilnya sudah terlihat, Kemenag harus terus bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang dimandatkan.

Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Revitalisasi KUA, Kemandirian Pesantren, Cyber Islamic University, Religiousity Index, Tahun Kerukunan Umat Beragama adalah ikhtiar dalam memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat. Hasilnya sudah mulai terlihat. Moderasi Beragama sudah menjadi napas dalam setiap derap langkah insan beragama. Transformasi Digital terlaksana di seluruh satuan kerja Kementerian Agama dan lembaga-pendidikan keagamaan. KUA sudah bertransformasi menjadi semakin baik dalam memberikan layanan. Pesantren-pesantren mulai menapaki fase kemandirian dalam amal usaha dan ekonomi. Cyber University sudah on the track. Kerukunan umat beragama pun semakin meningkat,” ujarnya.

Selanjutnya, Gus Men pun mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag RI agar jangan berpuas diri dengan berbagai hasil yang telah dicapai, melainkan selalu mengevaluasi diri serta terus meningkatkan spirit pelayanan kepada umat.

“Hadirin, peserta apel yang berbahagia, pada momentum HAB ke-78 Kementerian Agama ini, saya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kita kepada seluruh umat beragama. Indonesia Hebat Bersama Umat adalah tema yang kita usung pada HAB ke-78 ini. Ini bermakna bahwa kita harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat. Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama,” pungkasnya.

Setelah membacakan amanat Menag RI, Pj Bupati Alor, Sony Libing menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada Kementerian Agama atas kinerja dan kontribusinya dalam pembangunan nasional. Ia juga berpesan agar ASN Kemenag Alor terus meningkatkan profesionalitas dan terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk seluruh umat beragama.

“Saya merasa bersuka cita berhadapan dengan Bapak Ibu seluruh Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama, dan terutama para Ibu-ibu guru dan Bapak-bapak guru yang luar biasa. Atas nama Pemerintah Kabupaten Alor, saya menyampaikan selamat Hari Amal Bakti Kementerian Agama yang ke-78 kepada Bapak Ibu sekalian,” ungkap Sony Libing.

Dalam kesempatan ini, Sony Libing juga mengingatkan agar seluruh ASN di Kemenag Alor untuk menjaga netralitas dan suasana yang kondusif dalam penyelenggaraan pesta demokrasi yang tinggal beberapa bulan lagi.

“Hari ini dan beberapa bulan ke depan, kita akan memasuki tahun-tahun politik. Karena itu saya minta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara di Kementerian Agama untuk menjaga satu, menjaga suasana yang kondusif bagi terselenggaranya pesta demokrasi. Dua, menjaga netralitas. Tuhan sudah menganugerahkan kepada Bapak Ibu semua menjadi guru, menjadi pegawai negeri jadi jaga baik-baik anugerah Tuhan ini, berkat Tuhan ini. Jangan ikut campur tangan urusan lain yang bukan menjadi tugas dan tanggung jawab. Tidak boleh ikut lagi politik-politik praktis yah, jalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Arahan Bapak Menteri jelas, karena itu ikuti itu,” tegas Pj Bupati Alor ini.

Baca Juga: Pembinaan 450 ASN Kemenag Jateng, Ini Dua Pesan Gus Men

Di akhir sambutannya, Sony Libing mengungkapkan bahwa ada dua persoalan besar yang dihadapi Kabupaten Alor saat ini yaitu stunting dan kemiskinan. Oleh karena itu, Ia meminta seluruh ASN Kemenag Alor untuk terus mendukung program-program pemerintah dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada di Kabupaten Alor.

“Hari ini kita masih memiliki anak-anak kita sekitar 7000 lebih anak-anak yang stunting, dan kalau kita tidak menangani dengan baik bisa mengganggu pertumbuhan fisik dan otak. Hal ini bisa menyebabkan kita bisa memiliki lost generation kalau kita tidak bisa menangani hal ini. Masalah kedua adalah kemiskinan. Dan karena itu, saya meminta Ibu-ibu guru, Bapak Ibu pegawai, Bapak-bapak guru mendukung program-program pemerintah, baik program pemerintah pusat maupun program pemerintah di Kabupaten Alor,” tutup Sony Libing.

Seusai sambutan, Pj Bupati Alor, Sony Libing bersama Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Kemenag Alor, Philina Laning dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Alor, Sostenis Namang Djabar menyerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada tiga ASN Kemenag Alor yang telah berbakti dan melaksanakan tugasnya dengan baik selama 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun.

Baca Juga: HAB ke-78 Kemenag dan Semangat Indonesia Hebat Bersama Umat

Sebagai informasi, peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-78 kali ini turut dihadiri oleh Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Alor, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Alor, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Alor,  Ketua Forum Komunikasi Pimpinan Gereja Kristen (FKPGK) Kabupaten Alor, Ketua Persatuan Hindu Darma Indonesia (PHDI) Kabupaten Alor dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPNPN) di lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Alor.


Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.