Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Heboh! Ujian Praktik Seni Budaya MAN Alor Gemparkan Masyarakat Kota Kalabahi - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Heboh! Ujian Praktik Seni Budaya MAN Alor Gemparkan Masyarakat Kota Kalabahi

Dok. Ujian Praktek Seni Budaya

MAN Alor (Humas) – Asesmen Madrasah (AM) hari kedua dalam bentuk ujian praktik mata pelajaran seni budaya yang digelar oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor gemparkan masyarakat Kota Kalabahi. Pasalnya, ujian praktik yang dikemas dalam balutan pementasan tarian lego-lego ini mendapat atensi dan animo yang luar biasa dari masyarakat yang turut hadir menyaksikan kegiatan ini di halaman madrasah, Selasa (5/3/2024).

Dalam ujian praktik kali ini, para peserta didik kelas XII MAN Alor yang berjumlah 354 orang dan terbagi dalam 11 kelas menampilkan berbagai macam jenis tarian lego-lego dari berbagai suku yang ada di Kabupaten Alor.

Baca Juga: MAN Alor Sukses Gelar Ujian Praktik PJOK, Hadi Kammis: Ini Adalah Asesmen Awal Dari Seluruh Rangkaian Asesmen Madrasah 2024

Proses berjalannya acara diawali dengan penampilan tarian lego-lego dari kelas XII IPS 2 dan diakhiri dengan kelas XII IPA 2. Saat pementasan dari setiap kelas juga terlihat sorak-sorai dan tepuk tangan bergemuruh dari para penonton turut mewarnai penampilan para peserta didik. Ujian praktik mata pelajaran seni budaya yang digelar hari ini pun ditutup dengan lingkaran lego-lego bersama dari seluruh lapisan masyarakat dan keluarga besar MAN Alor.

Baca Juga: Ukur Profesionalitas Guru, Kemenag Segera Lakukan Asesmen Kompetensi GTK Madrasah

Sementara itu, Guru Seni Budaya MAN Alor, Subhan Malese yang dijumpai usai kegiatan mengatakan bahwa tujuan ujian praktik seni budaya ini adalah agar melestarikan budaya lokal dan pengetahuan lokal yang ada di Kabupaten Alor.

"Di tengah gempuran zaman teknologi seperti sekarang, kami melaksanakan ujian praktik lego-lego ini agar para peserta didik juga para generasi milenial tidak melupakan budayanya sendiri. Mengapa lego-lego ini diambil sebagai ujian praktik juga karena dari banyak seni yang ada di Alor, lego-lego merupakan tarian yang murni dari Alor dan memiliki syair dari bahasa daerah. Selanjutnya juga, setiap gerakan lego-lego memiliki banyak makna, salah satunya adalah menjelaskan persatuan, persaudaraan, dan kerja sama," pungkas Subhan.

Simak Video di Bawah Ini:

"Ujian Praktik Lego-lego MAN Alor TP. 2023/2024"







Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.