Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Meski Puasa Ramadhan, 354 Siswa MAN Alor Tetap Ikuti Asesmen Madrasah 2024 dengan Penuh Semangat - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Meski Puasa Ramadhan, 354 Siswa MAN Alor Tetap Ikuti Asesmen Madrasah 2024 dengan Penuh Semangat

Dok. Suasana Pelaksanaan Asesmen Madrasah 2024

MAN Alor (Humas) –
Sebanyak 354 orang siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor mengikuti Asesmen Madrasah (AM) Tahun Pelajaran 2023/2024 mulai Rabu (13/3) kemarin. Meskipun pelaksanaan Asesmen Madrasah yang digelar tahun ini bertepatan dengan puasa Ramadhan 1445 Hijriah, namun para siswa kelas XII tetap bersemangat dan penuh antusias mengikuti asesmen berbasis digital ini. Dalam jadwalnya, Asesmen Madrasah ini akan berlangsung hingga Kamis (21/3) nanti.

Azzahrah Samsul Yunus, salah satu peserta Asesmen Madrasah yang juga siswa kelas XII IPA 3 mengatakan bahwa dirinya cukup siap mengikuti asesmen akhir madrasah yang digelar di Bulan Ramadhan kali ini. Menurutnya, meskipun dalam keadaan berpuasa, ia tetap fokus dan sangat bersemangat mengikuti asesmen ini.

“Alhamdulillah persiapan saya mengikuti asesmen di bulan puasa ini tidak luput dari kebiasaan saya yang suka belajar sehari-hari dan sebagaimana biasanya saat proses pembelajaran di kelas. Menurut saya, jadwal Asesmen Madrasah di bulan puasa ini juga tidak mengganggu aktivitas saya dalam menjalankan ibadah puasa karena saya terbiasa belajar sehingga saya tetap fokus dan semangat mengikuti asesmen akhir ini yang menentukan kelulusan saya di MAN Alor,” ujar Azzahrah.

Baca Juga: Heboh! Ujian Praktik Seni Budaya MAN Alor Gemparkan Masyarakat Kota Kalabahi

Sementara itu, Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis saat ditemui mengatakan bahwa Asesmen Madrasah ini tujuan utamanya adalah untuk mengukur kemampuan dasar dan pengetahuan para siswa selama mengikuti proses pembelajaran di MAN Alor.

“Soal-soal yang dikasih dalam asesmen ini adalah soal-soal mengulang dari materi yang sudah diajarkan khususnya di kelas XII. Kalau sekarang disebut asesmen akhir kalau dulu disebut ujian nasional, jadi soal-soal yang dibuat adalah soal mengulang yang dipakai untuk mengukur pemahaman dasar dan kompetensi siswa dalam memahami materi pembelajaran yang sudah diajarkan selama 3 tahun,” jelas Hadi.  

Lebih lanjut, Hadi menjelaskan bahwa hasil Asesmen Madrasah tahun ini harapannya bisa menjadi bahan masukan untuk siswa dalam melihat potensi dirinya kedepan, dan hasil asesmen ini juga bisa menjadi bahan evaluasi untuk proses pembelajaran di madrasah.

“Anak-anak yang belajar di madrasah ini dan sebagai contoh misalnya anak-anak yang mengambil jurusan IPA selama 3 tahun dengan peminatan katakanlah biologi maka hasil asesmen akhir yang dia dapat bisa menjadi pengembangan diri untuk dirinya mau kuliah kemana. Seperti tahun lalu anak-anak yang punya potensi ada 13 anak, dan alhamdulillah 2 orangnya lulus kedokteran, itulah manfaat hasil asesmen untuk siswa,” terang Hadi.

Baca Juga: MAN Alor Sukses Gelar Ujian Praktik PJOK, Hadi Kammis: Ini Adalah Asesmen Awal Dari Seluruh Rangkaian Asesmen Madrasah 2024

Hadi menambahkan, hasil Asesmen Madrasah tahun ini disamping sebagai bahan masukan untuk pengembanagn potensi siswa, asesmen ini juga harus menjadi bahan evaluasi untuk para guru dalam melakukan perbaikan dan pengembangan proses pembelajaran.

“Kekurangan siswa pada saat mengikuti ujian atau asesmen mungkin ada materi yang ia tidak dapat dan belum paham maka tentu itu menjadi beban dan tanggung jawab untuk kita, dan bagaimana kita evaluasi untuk cari solusinya, dan itu bisa kita ukur melalui asesmen ini. Mungkin juga lewat asesmen ini ada indikator pembelajaran yang tidak tercapai sehingga guru-guru bisa lihat kembali mana materi-materi prioritas dan mana materi-materi yang harus betul-betul kita lakukan pendalaman untuk pengembangan diri anak-anak saat mereka kuliah nanti,” pungkas Hadi.

Untuk diketahui, Asesmen Madrasah adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan.

Tujuan Asesmen tersebut adalah untuk mengukur kemampuan dan pencapaian hasil belajar siswa selama menempuh pendidikan di MAN Alor sekaligus memenuhi salah satu syarat lulus di Madarasah. Pelaksanaan Asesmen Madrasah pada tahun ini juga mengacu pada Surat Keputusan Dirjen Pendis Nomor 723 tahun 2024 tentang Standar Operasional Prosedur Penyelenggarakan Asesmen Madrasah Tahun Ajaran 2023/2024.

Berikut jadwal pelaksanaan Asesmen Madrasah di MAN Alor yang bisa diakses pada tautan link di bawah ini:

Jadwal Pelaksanaan Asesmen Madrasah TP. 2023/2024


Simak Video di Bawah Ini:

"Ujian Praktik PJOK | Senam 5 Budaya Kerja Kementerian Agama | Asesmen Madrasah 2024"




Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.