Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Kakankemenag Alor Hadiri Kegiatan Pembagian Laporan Capaian Hasil Belajar Peserta Didik MAN Alor - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Kakankemenag Alor Hadiri Kegiatan Pembagian Laporan Capaian Hasil Belajar Peserta Didik MAN Alor

 

Dok. Kegiatan Pembagian Laporan Capaian Hasil Belajar Peserta Didik MAN Alor

MAN Alor (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Alor, Drs. Mansur Bakri Samah, M.Pd menghadiri sekaligus memeberikan arahan pada kegiatan pembagian laporan capaian hasil belajar peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor semester genap Tahun Pelajaran 2023/2024 bertempat di halaman madrasah, Sabtu (15/6/2024).

Dalam arahannya, Mansur Samah menjelaskan tentang tiga langkah strategis yang harus diamalkan oleh para guru untuk menjadikan madrasah serta para peserta didik agar bermanfaat bagi lingkungan sekitar yaitu dengan menata hati, menjunjung tinggi akhlakul karimah, dan mengawal Islam Rahmatan lil Alamin.

“Bapak Ibu, ibadah sehebat apa pun yang kita lakukan tetapi hati tidak tertata dengan baik maka di mata Allah semua itu sia-sia,” jelas Mansur Samah.

Baca Juga: UKS MAN Alor Gandeng Puskesmas Kenarilang Adakan Sosialisasi dan Skrining Kesehatan Gratis

Lebih lanjut Mansur Samah mengatakan, jika hati tertata dengan baik maka sekecil apapun amal, usaha, dan ikhtiar yang dilakukan untuk kebaikan madrasah akan membawa perubahan yang dahsyat.

“Begitu pula sebaliknya, sedahsyat apa pun sesuatu yang kita lakukan untuk kepentingan madrasah tetapi kalau hati kita tidak tertata maka tunggulah besok atau lusa saatnya hancur,” terang Mansur Samah.

Baca Juga: MAN Alor Gelar Asesmen Sumatif dan Penilaian Akhir Tahun Berbasis Smartphone

Mansur Samah selanjutnya menjelaskan tentang langkah strategis kedua yaitu menjunjung tinggi akhlakul karimah. Menurutnya, akhlakul karimah ini dijadikan sebagai langkah startegis yang kedua sebab proses pendidikan dan pengajaran di madrasah haruslah ditopang oleh akhlak.

Langkah strategis terakhir yang dijelaskan Mansur Samah adalah mengawal Islam yang Rahmatan Lil Alamin.

Mansur Samah mengatakan, Islam Rahmatan Lil Alamin adalah Islam yang kehadirannya di tengah kehidupan masyarakat mampu mewujudkan kedamaian dan kasih sayang bagi manusia maupun alam semesta.

“Bapak Ibu, tiga program prioritas kementerian agama yakni salah satunya moderasi beragama. Bapak Ibu, moderasi beragama itu proses yang menjadikan orang beragama secara moderat. Moderat itu dia harus seimbang antara dunianya dan akhiratnya. Antara ibadah mahdhah dan ghairu mahdhahnya. Antara urusan dunianya dan urusan akhiratnya itu harus seimbang. Dia tidak bisa ekstrem di salah satunya. Dengan moderasi beragamalah kita bisa mewujudkan Islam Rahmatan Lil Alamin” pungkas Mansur Samah mengakhiri sambutannya.

Untuk diketahui, kegiatan pembagian laporan capaian hasil belajar peserta didik MAN Alor semester genap Tahun Pelajaran 2023/2024 ini turut dihadiri oleh Ketua Komite MAN Alor, Drs. H. Arsyad Badu, orang tua dari seluruh peserta didik MAN Alor kelas X dan XI, serta Pengurus Forum  Komunikasi Masyarakat Peduli Madrasah (FKMPM).

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.