Tingkatkan Mutu Pelayanan dan Kinerja, MAN Alor Sukses Gelar Kegiatan Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan
![]() |
Dok. Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan MAN Alor 2024 |
MAN Alor (Humas) – Dalam rangka peningkatan mutu dan pelayanan kinerja, Madrasah
Aliyah Negeri (MAN) Alor sukses menggelar kegiatan Peningkatan
Kompetensi Tenaga Kependidikan
Madrasah yang berlangsung selama 3 hari, mulai Selasa
(13/8/2024) hingga Kamis
(15/8/2024).
Kegiatan yang berlangsung di ruang koperasi madrasah ini
diikuti oleh seluruh tenaga kependidikan MAN Alor mulai dari Kepala Urusan Tata Usaha (KTU) MAN
Alor, Mukhtar Daka beserta
seluruh stafnya, hingga
petugas kebersihan madrasah dan satpam. Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala
Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Alor, Drs. Mansur Bakri Samah
dan Pelaksana Harian (Plh) Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Alor, Israfil
Iho.
Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis, dalam sambutannya
mengatakan bahwa kegiatan
peningkatan kompetensi tenaga kependidikan ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan dan profesionalisme pegawai dalam mendukung proses pembelajaran dan jasa pelayanan yang disediakan di
madrasah.
“Ada dua kegiatan peningkatan kompetensi di madrasah, pertama yaitu
peningkatan kompetensi sumber daya guru, dan yang kedua adalah peningkatan
kompetensi tenaga kependidikan atau pegawai. Jikalau kita berbicara peningkatan
kompetensi tenaga kependidikan atau pegawai maka tidak hanya berkaitan dengan pelayanan
administrasi melainkan memberikan seluruh pelayanan terbaik kepada seluruh
pengguna jasa di MAN Alor ini. Oleh Karena itu, semoga lewat kegiatan ini
proses peningkatan pelayanan di madrasah bisa semakin meningkat,” tutur Hadi.
Baca Juga: Kepala MAN Alor Resmi Buka Kegiatan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM 2024
Selanjutnya, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Alor,
Drs. Mansur Bakri Samah dalam sambutannya membuka kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan
peningkatan kompetensi tenaga kependidikan yang diselenggarakan oleh MAN Alor ini
merupakan kegiatan pertama dan perdana yang dilakukan oleh sebuah madrasah di
lingkup Kementerian Agama (Kemenag) Alor dalam hal peningkatan pelayanan
kinerja pegawainya di bidang administrasi dan pelayanan jasa.
“MAN Alor ini sudah besar, program-programnya bukan hanya besar di Alor
tapi di dunia luar juga dikenal. Oleh karena itu mari terus tingkatkan mutu dan
pelayanan di lembaga ini. Kegiatan ini juga kegiatan perdana yang dilakukan
oleh sebuah madrasah di lingkup Kemenag Alor, semoga ini bisa menjadi inspirasi
untuk madrasah lain agar kemajuan madrasah bisa tercapai,” pungkas Mansur
Samah.
Dalam arahannya juga,
Mansur Samah menjelaskan tentang tiga langkah strategis yang harus diamalkan
oleh seluruh tenaga pendidik dan
kependidikan di lingkup Kemenag Alor yaitu menata hati, menjunjung tinggi akhlakul karimah, dan mengawal Islam
Rahmatan lil Alamin.
“Bapak Ibu, tiga program prioritas kementerian agama ini harus selalu
terpatri di dalam diri setiap pegawai karena hanya dengan mengamalkan tiga
langkah strategis inilah kita bisa mewujudkan mutu dan pelayanan kinerja yang baik kepada
seluruh pengguna jasa lembaga ini,” pungkas Mansur Samah mengakhiri sambutannya.
Untuk diketahui, selama kegiatan berlangsung, para peserta
mendapatkan materi-materi penting seperti Penggunaan Aplikasi Sistem Srikandi Kearsipan yang dibawakan langsung
oleh Admin Tata Usaha (TU) Kemenag Alor, Kaharudin Bambali. Materi lainnya
adalah tentang Single Sign On (SSO) Kemenag dan Sistem Informasi Kepegawaian
(Simpeg) yang dibawakan oleh Admin SSO dan Simpeg Kemenag Alor, Moses Daud
Atamani.
Tidak ada komentar
Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.