Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Kepala MAN Alor Hadiri FGD di STKIP Muhammadiyah Kalabahi: Bahas Peningkatan Mutu Pendidikan - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Kepala MAN Alor Hadiri FGD di STKIP Muhammadiyah Kalabahi: Bahas Peningkatan Mutu Pendidikan

 

Dok. Kepala MAN Alor Hadiri FGD STKIP Muhammadiyah Kalabahi

MAN Alor (Humas) – Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis, turut menghadiri kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kalabahi pada Sabtu (30/9/2024). Kegiatan yang bertempat di Aula STKIP Muhammadiyah Kalabahi  ini mengangkat tema "Pengembangan Model Manajemen Mutu Pendidikan Berbasis Nilai-nilai Keislaman di SMA Muhammadiyah Kalabahi Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur”.

Kegiatan yang diselenggarakan secara daring dan luring ini dihadiri oleh sejumlah tokoh pendidikan, akademisi, dan pemangku kepentingan lainnya, termasuk para guru dan mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kalabahi. Kehadiran Kepala MAN Alor dalam FGD tersebut menunjukkan komitmen lembaga pendidikan Islam di Alor untuk turut berperan aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan, terutama di kawasan yang masih menghadapi keterbatasan infrastruktur dan sumber daya pendidikan.

Baca Juga: Kader Da'i MAN Alor Kembali Melaksanakan Safari Jumat di Luar Kota Kalabahi

Dosen STKIP Muhammadiyah, Abdullah Rahman Saleh mengatakan bahwa kegiatan FGD ini merupakan diseminasi disertasinya yang menjadi prasyarat untuk mendapatkan gelar Doktor dari Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

FGD ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dari para pakar dan praktisi mengenai model manajemen mutu pendidikan berbasis nilai-nilai keislaman yang sedang saya kembangkan. Olehnya itu, hasil dari kegiatan FGD ini harapannya dapat memperkuat disertasi yang sedang saya susun serta memberikan wawasan praktis untuk diterapkan di SMA Muhammadiyah Kalabahi nantinya,” ujar Abdullah.

Dalam berlangsungnya kegiatan, Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis memberikan masukan bahwa dalam hal pengembangan mutu sekolah perlu mengedepankan 5 prinsip yaitu, leadership, penguatan internal, pengembangan kurikulum, kualitas pelayanan dan kemitraan, serta program inovasi.

“Di MAN Alor, 5 prinsip itu kami lakukan untuk pengembangan mutu sekolah. Yang tidak kalah penting dalam mengembangkan mutu sekolah adalah program inovasi, sebab dengan berbagai program inovasi yang ditawarkan lah mutu pendidikan akan terus meningkat,” jelas Hadi.


Untuk diketahui, hadir dalam kegiatan FGD ini secara langsung adalah
Ketua STKIP Muhammadiyah Kalabahi beserta jajarannya, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Alor, Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Alor, Ketua Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Alor, Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Kalabahi, Kepala Sekolah SMK Ampera, dan Kepala SMP Muhammadiyah Ekosari.

Baca Juga: Kunjungi MAN Alor, KPU Alor Gelar Sosialisasi dan Ajak Pemilih Pemula Tolak Politik Uang Serta Isu SARA

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) kali ini juga melibatkan sejumlah pakar dari berbagai bidang pendidikan yang turut berpartisipasi secara daring diantaranya adalah Prof. Dr. Agus Suradika, M.Pd, yang merupakan pakar manajemen pendidikan dan Guru Besar UMJ; Prof. Dr. Tria Astika Endah, M.Km, pakar manajemen mutu dan Kepala Badan Penjaminan Mutu UMJ; serta Dr. Syaiful Bahri, Lc., M.A, pakar Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) dan Kaprodi S3 UMJ.

Selain itu, hadir juga Promotor dalam presentasi FGD, Prof. Dr. Irwan Prayitno, M.Sc, dan Co-Promotor, Prof. Dr. Andry Priharta, M.M. Para pakar yang terlibat  memberikan kontribusi penting dalam memberikan masukan serta arahan untuk Pengembangan Model Manajemen Mutu Berbasis Nilai-Nilai Keislaman dan Kemuhammadiyahaan Di SMA Muhammadiyah Kalabahi”.

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.