Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Kunjungi MAN Alor, KPU Alor Gelar Sosialisasi dan Ajak Pemilih Pemula Tolak Politik Uang Serta Isu SARA - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Kunjungi MAN Alor, KPU Alor Gelar Sosialisasi dan Ajak Pemilih Pemula Tolak Politik Uang Serta Isu SARA

 

Dok. KPU Goes To MAN Alor

MAN Alor (Humas) – Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pemula dan membangun kesadaran berdemokrasi sejak dini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Alor menggelar kegiatan "KPU Goes to School" di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor, Jumat (20/9/2024). Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pentingnya peran generasi muda dalam proses Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan KPU Kabupaten Alor, para guru, serta siswa-siswi MAN Alor. Dalam pelaksanaanya, para siswa tampak antusias mengikuti kegiatan ini karena KPU memperkenalkan berbagai tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serta pentingnya keterlibatan aktif generasi muda dalam menentukan masa depan bangsa dengan menolak politik uang dan politik isu SARA.

Baca Juga: Kader Da'i MAN Alor Kembali Melaksanakan Safari Jumat di Luar Kota Kalabahi

Ketua KPU Kabupaten Alor, Munawir Laamin, dalam paparannya menyampaikan bahwa pendidikan pemilih di kalangan pemula sangat penting untuk memastikan bahwa mereka memiliki pemahaman yang benar tentang hak dan tanggung jawab sebagai warga negara.

"Pilkada bukan hanya soal memilih pemimpin, tetapi juga soal menjaga keberlangsungan demokrasi. Kami berharap adik-adik siswa MAN Alor bisa menjadi agen perubahan yang positif di masyarakat," ujar Munawir.

Munawir menambahkan bahwa sosialisasi KPU Alor ini tidak hanya bertujuan untuk melakukan sosialisasi Pilkada dan tahapannya, melainkan para siswa diberitahu tentang arti dari demokrasi yang berkualitas.

“Demokrasi yang berkualitas bisa terwujud jika adik-adik sekalian tidak terprovokasi dengan berbagai macam tindakan ujaran kebencian, politik SARA, dan praktek politik uang. Dengan jalan itu lah pemimpin yang berkualitas pun akan lahir,” pungkas Munawir.

Sementara itu, Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz saat ditemui usai kegiatan mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kegiatan semacam ini bisa rutin dilaksanakan untuk membekali para siswa dengan pengetahuan yang cukup tentang demokrasi.

"Ini adalah salah satu upaya untuk membentuk generasi yang kritis dan bertanggung jawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan adanya program "KPU Goes to School", diharapkan generasi muda, khususnya di Kabupaten Alor, dapat lebih memahami pentingnya berpartisipasi dalam pemilu atau pilkada serta mereka juga bisa berkontribusi aktif dalam menjaga demokrasi yang berkualitas. " tutur Hadi.

Baca Juga: Kepala MAN Alor Lepas 20 Mahasiswa Pergunu

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.