Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Tim Safari Jumat MAN Alor Mengisi Khutbah pada Tiga Masjid di Luar Kota Kalabahi - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Tim Safari Jumat MAN Alor Mengisi Khutbah pada Tiga Masjid di Luar Kota Kalabahi

     Foto Tim Safari Jumat bersama pengurus Masjid Sabilul Haq Wandowa 

MAN Alor (Humas) – Tim Safari Jumat Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor melakukan kegiatan Safari Jumat 20 September 2024 dengan mengisi khutbah di tiga masjid yang berada di luar Kota Kalabahi. Program ini merupakan bagian dari upaya untuk mempererat silaturahmi sekaligus memberikan dakwah kepada masyarakat yang tinggal di wilayah yang masih kekurangan para ustadz.

Ketiga masjid yang dikunjungi adalah Masjid Sabilul Haq Wandowa, Masjid Nurul Haq Benlelang, dan Masjid Al A'rof Maimol. Dalam khutbahnya, tim Safari Jumat mengangkat tema pentingnya persatuan umat dan menjaga kerukunan di tengah keberagaman masyarakat. Mereka juga mengajak jamaah untuk memperkuat nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis, SH, menyampaikan bahwa tujuan utama dari program ini adalah untuk menyiapkan kader-kader Da'i Madrasah yang siap dipakai dan juga sebagai wujud tanggungjawab Madrasah dalam mendekatkan pelayanan keagamaan kepada masyarakat yang membutuhkannya. "Kami berharap dengan adanya kegiatan Safari Jumat ini, melahirkan kader-kader Da'i dari MAN Alor yang siap dipakai dalam masyarakat, dan juga ini merupakan sebuah tanggungjawab moral bagi madrasah untuk memberikan pelayanan keagamaan bagi masyarakat sekitar, khusus yang berada di daerah luar kota Kalabahi," ujar Hadi.


Kegiatan Safari Jumat yang dikoordinir oleh ustadz Ahmad Karim,S.Pd.I., menyiapkan tiga Tim Safari yang diberangkatkan pada setiap Jumat ke masjid-masjid di luar kota Kalabahi. "Kami menyiapkan tiga tim safari yang terdiri dari anak-anak siswa MAN Alor Program Keagamaan. Masing-masing TIM didampingi oleh satu pendamping dari bidang kesiswaan dan guru-guru Agama. Kegiatan Khutbah diisi langsung oleh para peserta didik," Tutur Karim.

"Tiga tim tersebut adalah; Tim 1, siswa Abdul Haris Karabi didampingi oleh ustadz Yasin Abdullah, S.Pd.I., Tim 2, siswa Abdul Mufindo Safrudin didampingi oleh ustadz Rahim S. Arsyad, S.Ag., dan Tim 3, siswa Aidil Hidayat A. Dahlan didampingi oleh ustadz Bambang Masrudin, S.Pd.I., turut hadir dalam kegiatan safari tersebut Wakamad Kesiswaan ustadz. Moh. Farhan Apetatu,S.S.," Lanjut Karim.

Kegiatan Safari Jumat ini adalah salah satu program unggulan MAN Alor yang tertuang di dalam Program Kerja Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Kesiswaan yaitu Program Kader Da'i Madrasah. Program ini merupakan bentuk nyata dari madrasah dalam mendukung pembentukan dan pengembangan potensi peserta didik di bidang keagamaan sekaligus untuk mengisi kebutuhan spiritual masyarakat, terutama di daerah-daerah yang kesulitan para ustadz serta aksesnya masih sulit dijangkau.**Admin.

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.